News Pesawaran

Gubernur Resmikan Kantor Samsat Penuh Pesawaran

Kantor Samsat Penuh Pesawaran siap beroperasi. (Idris)

PESAWARAN – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Pesawaran melalui Video Confrence, Kamis (8/10/2020).

Sebelumnya berstatus Samsat Pembantu, kini ditetapkan One-Stop Administration Services Office (Samsat-red) Pesawaran, yang berlokasi di Jalan Baru Desa Negeri Sakti, Kecamatan Gedongtataan.

Kapolres Pesawaran AKBP Vero AR menerangkan, adanya Kantor Samsat Penuh tentu Kedepannya dapat memberikan pelayanan prima dan maksimal kepada masyarakat terkait pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor (Ranmor) secara terintegritasi dan terkoordinasi dengan cepat, tepat, transparan, dan akuntabel.

“Sebelumnya, atas nama jajaran Polres Pesawaran saya mengucapkan terima kasih atas ditingkatkannya kantor Samsat pembantu menjadi Samsat penuh. Tentunya sangat mendukung dan membantu masyarakat, khususnya dalam hal pelayanan dokumen kendaraan yang dulunya masyarakat mesti ke Bandar Lampung, kini bisa langsung dapat diurus di Samsat Pesawaran,” ucap Kapolres, Kamis (8/10/2020).

Senada dikatakan Kepala Samsat Pesawaran John Arif Rahman, dengan diberikannya kewenangan penuh Samsat Pesawaran dalam hal mengelola terkait pelayanan dokumen kendaraan bermotor ini, secepatnya dirinya akan membentuk Samsat Desa (Samdes) di sejumlah wilayah kabupaten setempat.

“Sementara ini yang dilakukan baru sebatas samsat keliling (Samling) seperti yang ada di Hanura, dan setelah ini di wilayah Hanura akan  ditempatkan jadi Samdes. Tujuannya untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat terhadap pelayanan dokumen kendaraan bermotor mereka,” jelasnya.

Menurut John, ada beberapa fasilitas kantor yang belum memadai, seperti peralatan IT, lahan parkir, gedung arsip dan pagar kantor Samsat juga pos security. “Untuk sumber daya manusia Insya Allah kita sudah siap, tinggal beberapa fasilitas kantor saja yang mesti dipenuhi,” katanya.

Sementara, untuk memfasilitasi sejumlah kekurangan mendukung maksimalnya pelayanan Samsat Pesawaran, Setdakab Pesawaran Kesuma Dewangsa, mewakili Plt Bupati, Eriawan, berjanji akan mengupayakannya pada APBD Pesawaran.

“Mulai dari sarana dan prasarana kantor Samsat akan dianggarkan di APBD secara bertahap. Kita akan dukung penuh terkait kekurangan di Samsat Pesawaran, karena bagaimanapun dari pajak kendaraan bermotor ini satu dintaranya penyumbang PAD kita,” ungkapnya. (Idris)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: