Lampung Tengah News

Hadiri Prosesi Ngaben, Loekman : Berlangsung Lancar Hingga Usai, Ini Bukti Terbangunnya Toleransi Umat Beragama

Ilustrasi. (Net)

www.tabikpun.com, Lampung Tengah – Wakil bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menghadiri prosesi Ngaben orang tua Ketut Mudite di Kampung Rama Nirwana Seputih Raman, Kamis (3/8). Loekman sangat mengapresiasi pelaksanaan prosesi ngaben yang dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar.

”Lancarnya proses ngaben ini sebuah pembuktian terbangunnya sikap toleransi antar umat masyarakat Rama Nirwana  yang terjalin dengan baik. Proses ngaben ini suatu penghargaan yang paling tinggi dan sakral bagi Ketut Mudite kepada ibunya Ni Putu Yustiani dan keponakannya Wayan Kantri,” paparnya.

Menurutnya, apapun agamanya mempunyai tujuan yang sama yaitu berpulang ke maha kuasa. ”Semoga keluaraga diberikan ketenangan dan ketabahan selalu,” tukasnya.

Sementar Made Bagiase anggota DPRD Provinsi yang hadir dalam Proses ngaben menjelaskan, upacara penyucian atma (roh) fase pertama sebagai kewajiban suci umat Hindu Bali terhadap leluhurnya dengan melakukan prosesi pembakaran jenazah.

Seperti yg tulis di artikel ttg pitra yadnya, badan manusia terdiri dari badan kasar, badan halus dan karma. Badan kasar manusia dibentuk dari 5 unsur yg disebut Panca Maha Bhuta yaitu pertiwi (zat padat), apah (zat cair), teja (zat panas) bayu (angin) dan akasa (ruang hampa). Kelima unsur ini menyatu membentuk fisik manusia dan digerakan oleh atma (roh).

”Ketika manusia meninggal yg mati adalah badan kasar saja, atma-nya tidak. Nah ngaben adalah proses penyucian atma/roh saat meninggalkan badan kasar. Intinya kita semua akan kembali pada yang maha kuasa,” tutupnya. (Mozes)

 

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: