News Way Kanan

Kodim 0427/WK Beserta Polres dan Pemkab Way Kanan Bantu Padamkan Titik Api di Baradatu

Kodim 0427/WK, Polres, serta Pemda Way Kanan saat memadamkan kebakaran tumpukan limbah sisa sortiran triplek pabrik bekas olahan PT. DBM. (Dian Pirasta)

Way Kanan – Menjelang diselenggarakannya Asian Games ke-18 2018 di Jakarta dan Palembang, saat ini pemerintah pusat maupun daerah fokus terhadap penanggulangan terjadinya kebakaran lahan yang mana asapnya dapat mengganggu penerbangan maupun kegiatan Asian Games itu sendiri.

Berdasarkan pantauan aplikasi Mobilephone Lapan : Fire Hotspot, sejak 29 Juli 2018 terdapat Hot Spot/Titik Api di wilayah Kecamatan Baradatu, melihat kondisi tersebut Dandim 0427/WK Letkol Inf Uchi Cambayong, S.IP berkoordinasi dengan Polres berikut Pemda Way Kanan untuk berupaya memadamkan sumber api.

Sejak, Minggu (29/07/2018) malam, Anggota Kodim 0427/WK, Polres, serta Pemda Way Kanan sudah bergerak ke lokasi Titik Api/Hot Spot untuk memadamkan sumber api yang berasal dari kebakaran tumpukan limbah sisa sortiran triplek pabrik bekas olahan PT. DMB yang berlokasi di lahan milik Cik Raden di Kampung Cugah Kecamatan Baradatu yang bersebelahan dengan PT. DMB.

Namun upaya awal yang dilakukan Kodim 0427/WK beserta Polres dan Pemda Way Kanan belum mendapatkan hasil yang maksimal dikarenakan volume api yang besar sehingga akan dilanjutkan upaya pemadaman keesokan harinya.

Pada Senin pagi (30/07/2018), Kodim 0427/Way Kanan, Polres serta Pemda Way Kanan, melaksanakan Apel Pagi bersama di Areal PT. DMB dalam rangka melanjutkan upaya pemadaman kebakaran tumpukan limbah sisa sortiran triplek pabrik bekas olahan PT. DMB.

Apel bersama dipimpin langsung Kapolres Way Kanan dengan kekuatan anggota Kodim 0427/WK 65 orang, Polres Way Kanan 75 orang, BPBD Kab. Way Kanan 30 orang, Pol PP Kab. Way Kanan 10 orang, pihak perusahaan 20 orang dan masyarakat 30 orang. Dalam upaya pemadaman tersebut mengerahkan 1 Unit Ran Damkar BPBD Kab. Way Kanan, 1 Unit Ran PMK Kab. Way Kanan, dan 1 Unit Ran Water Canon Polres Way Kanan.

Dalam upaya pemadaman tersebut, hasil yang didapatkan yaitu bahwa api yang membakar limbah triplek ditumpukan atas sudah berhasil di padamkan namun karena banyaknya tumpukan limbah triplek yang terbakar sehingga tumpukan bagian bawah cukup sulit untuk dipadamkan. Pada pukul 12.00 Wib, upaya pemadaman tersebut dihentikan, namun beberapa anggota tetap memantau lokasi untuk mencegah api tidak kembali membesar. Kondisi saat ini dilokasi Titik Api/Hot Spot untuk tumpukan limbah triplek bagian atas sudah berhasil dipadamkan, namun pada bagian bawah kemungkinan masih ada titik api karena lokasinya sulit dijangkau.

Sebelumnya Dandim 0427/WK Letkol Inf Uchi Cambayong, S.IP juga telah memberikan penekanan kepada para Babinsa jajaran Kodim 0427WK agar memberikan sosialisasi dan pencerahan kepada seluruh masyarakat Kab. Way Kanan termasuk perusahaan-perusahaan agar tidak melakukan pembakaran lahan, khususnya dalam rangka menyambut penyelenggaraan Asian Games ke  18 tahun 2018 di Jakarta dan Palembang.

Dengan kejadian di Baradatu tersebut, Dandim 0427/Way Kanan berharap dan mengajak kepada seluruh masyarakat dan perusahaan yang ada di Kab. Way Kanan untuk tidak melakukan pembakaran lahan yang dapat mengganggu proses penyelenggaraan Asian Games ke  18 tahun 2018 di Jakarta dan Palembang dan juga mengingatkan bahwa apabila melakukan pembakaran lahan akan mudah sekali terdeteksi oleh aplikasi Mobilephone Lapan : Fire Hotspot, sehingga pasti akan ketahuan lokasi dimana terjadinya kebakaran lahan. (Dian)

 

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: