News Pringsewu

Ribuan Warga Padati Pagelaran Wayang Kulit Perayaan HUT ke-14 Pekon Pemenangan

Ribuan warga padati pagelaran Wayang Kulit Perayaan HUT ke-14 Pekon Pemenangan. (Nanang)

Pringsewu – Ribuan warga masyarakat padati acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam rangka memeriahkan HUT ke-14 Pekon Pamenang Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Minggu (29/07/2018) malam.

Wayang Kulit Berlakon Wahyu Tejo Moyo dihadiri juga Kepala Pekon Pamenang Suroto, Kepala Pekon se-Kecamatan Pagelaran, Danramil Pagelaran, tokoh masyarakat, tokoh agama Pekon Pamenang.

“Dahulu di Kerajaan Amarta, Pandawa bersidang untuk mendapatkan Wahyu Tejo Moyo yang diturunkan oleh dewa, demi ketentraman rakyat Amarta. Untuk memperlancar usaha tersebut, Pandawa meminta bantuan Ki Lurah Semar, di pihak lain Kurawa juga menginginkan hal yang sama, maka atas bantuan Betari Durga, Kurawa di rubah wujudnya menjadi Pandawa Palsu,” urai Kepala Pekon Pemenangan Suroto.

Maka Terjadilah Pandawa Kembar, sambung Suroto, kemudian Ki Lurah Semar tanggap atas situasi tersebut maka dimintalah Pandawa untuk menyatu (manjing) ke dalam Tubuh Semar. Sehingga berhasil mendapatkan Wahyu Tejo Moyo demi kepentingan kerajaan dan Rakyat Amarta.

“Wahyu Tejo Moyo adalah cahaya kehidupan. Cahaya yang mampu membawa pada masyarakat yang sejahtera, adil, makmur, dan tenteram,” tambahnya.

Dalam lakon ini diceritakan, banyak orang yang berebut wahyu itu,mereka ingin memimpin rakyatnya. Namun, ada dua perbedaan yang mencolok di antara kelompok yang memperebutkan wahyu itu. Satu kelompok adalah kelompok baik yang mencari wahyu memang untuk kepentingan rakyat, sementara itu kelompok lain mencari wahyu hanya untuk mempertahankan kekuasaannya.

“Semoga diusia ke 14 dalam bidang pembangunan pekon Pamenang akan lebih maju lagi agar peningkatan taraf perekonomian warga masyarakat meningkat,” harapnya.

Suroto pun mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat setempat yang turut memeriahkan perayaan HUT ke-14 Pekon Pemenangan. ”Semoga kedepannya, Pekon Pamenang lebih maju dalam perekonomian, sejahtera, aman, dan sentosa,” tutupnya. (Nanang)

 

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: