Tekno

[Update] 13 Situs Lowongan Kerja Terpopuler di Indonesia

Situs Lowongan Kerja Indonesia

(Update 21 Juni 2016: Kami menambahkan Glints ke dalam daftar dan menghapus Karejo dari daftar karena per 1 Juli 2016 layanan ini akan bergabung dengan Urbanhire.)

Mendapat pekerjaan di zaman yang terbilang sangat kompetitif di abad 21 ini memang tidak mudah. Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2016 mengungkap jumlah pengangguran di Indonesia mencapai tujuh juta orang. Salah satu alasannya, kemungkinan mereka tidak mengetahui informasi seputar lowongan pekerjaan (loker) yang tersedia.

Pada edisi kali ini, Tech in Asia merilis daftar situs di Indonesia yang menyediakan informasi loker. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Glints

Tampilan situs layanan pencari kerja Glints | Image

Glints hadir di tanah air di awal tahun 2016 untuk membantu anak muda dalam menemukan passion mereka. Startup pencarian kerja asal Singapura ini mengklaim telah memiliki lebih dari 20.000 nama terdaftar yang kebanyakan dari kalangan muda, serta ada sedikitnya 2.000 perusahaan yang memberi listing lowongan pekerjaan di dalamnya.

Layanan yang menjamin penggunanya mendapatkan pekerjaan dalam waktu 14 hari, juga menyediakan lowongan magang dengan dua fitur unggulan. Pertama adalah Live Career Consultations yang menyediakan jasa konseling dan rekomendasi pengembangan karier melalui live chat. Kedua adalah Dynamic Career and Skills Path Explorer, yang membantu kandidat untuk menjelajah berbagai bidang karier lainnya, serta memberikan pelatihan keahlian khusus untuk berkarier di bidang yang diinginkan.

2. Qerja

Halaman muka Qerja | Screenshot

Qerja memungkinkan penggunanya membagikan informasi seputar tempat kerja, gaji, dan review peran mereka di sebuah perusahaan. Selain itu, kamu juga dapat menemukan informasi lowongan pekerjaan. Informasi tersebut bisa difilter berdasarkan lokasi, bidang pekerjaan, industri, dan gaji. Terdapat juga opsi Fresh Graduate yang hanya akan menampilkan lowongan untuk mereka yang baru lulus.

3. Urbanhire

Tampilan situs layanan pencari kerja Urbanhire | Image

Urbanhire tadinya hanya menampilkan lowongan pekerjaan dari perusahaan yang menjadi partner mereka. Belum lama ini, Urbanhire meluncurkan layanan baru yang bernama Urbanhire Search, yaitu agregator yang bisa menampilkan lowongan pekerjaan dari berbagai situs—bukan hanya lowongan yang mereka sediakan saja. Dengan penyatuan informasi yang dilakukan Urbanhire, kini kamu tidak perlu lagi membuka situs-situs lowongan kerja satu per satu.

4. Jora

Halaman muka Jora | Screenshot

Startup asal Australia ini justru hadir sebagai agregator dari situs-situs loker yang sudah ada. Artinya, cukup dengan membuka Jora, kamu bisa mencari lowongan kerja dari berbagai portal loker di Indonesia. Jora, yang memiliki tampilan pencarian sesimpel Google, sudah memiliki hak eksklusif untuk menampilkan lowongan kerja dari situs JobStreet dan JobsDB Indonesia. Selain itu, Jora juga menampilkan loker dari perusahaan dan agen rekrutmen yang mencari kandidat untuk berbagai posisi.

5. Indeed

Halaman muka Indeed | Screenshot

Indeed merupakan situs pencarian loker global yang telah beroperasi di enam puluh negara, termasuk Indonesia. Selain meyediakan lowongan yang dipasang oleh partnernya, Indeed juga memiliki fitur agregator yang memungkinkan pencarian dari situs loker lain, surat kabar, laman karier di situs perusahaan, dan sebagainya. Sama seperti Jora, Indeed juga mengadopsi tampilan yang simpel ala Google.

6. JobStreet

Halaman muka JobStreet | Screenshot

Berdiri sejak tahun 1995, JobStreet mengklaim sebagai salah satu situs rekrutmen online terkemuka—bahkan di tingkat Asia Pasifik. Sekalipun berasal dari Malaysia, JobStreet juga menyediakan informasi lowongan pekerjaan di beberapa negara lainnya yaitu Singapura, Filipina, Jepang, Vietnam, dan tentu saja Indonesia.

7. JobsDB

Halaman muka JobsDB | Screenshot

Tiga tahun setelah JobStreet berdiri, lahirlah JobsDB di Hongkong pada tahun 1998. JobsDB mengklaim sebagai portal lowongan kerja terfavorit di Asia bagi pencari kerja di Cina, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan tentu saja Indonesia. Menariknya, bagi kamu pengguna asal Indonesia yang mendambakan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), secara khusus JobsDB menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan terkait PNS.

8. Loker

3-Loker-thumb

Loker mengklaim sebagai pionir lokal dalam ranah ini sejak berdiri pada 20 Maret 2007 di bawah naungan CV. Jemari. Loker juga menjamin keabsahan dan keakuratannya, karena setiap informasi lowongan pekerjaan yang masuk ke meja redaksi selalu diperiksa secara manual sebelum dipublikasikan secara online.

9. Jobscdc

Halaman muka Jobscdc | Screenshot

Sekalipun tampilan situsnya kurang meyakinkan, namun Jobscdc (jobs and career development center) populer di kalangan para pencari kerja karena kategori khusus mengenai loker CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang mereka sediakan. Profesi PNS masih dianggap prestisius karena menjamin keamanan finansial di masa tua kelak.

10. Job-Like

Halaman muka Job-Like | Screenshot

Kami tidak menemukan informasi banyak mengenai Job-Like selain bahwa ini merupakan situs penyedia informasi loker buatan Indonesia. Dilihat dari pemilihan bahasa, tagline, dan cara Job-Like menjadikan menu “lokasi” pada kolom pertama yang secara detail menyebutkan 33 provinsi, memperjelas bahwa situs ini memang buatan lokal. Job-Like menyediakan lowongan pekerjaan kerah putih/ white collar(baca: pekerja kantoran). Selain itu, Job-Like juga menyediakan informasi lowongan CPNS.

11. Karir

Halaman muka Karir | Screenshot

Tampaknya klaim Loker sebagai pionir lokal dalam penyedia informasi lowongan pekerjaan sejak 20 Maret 2007 terpatahkan oleh Karir yang sudah berdiri sejak tahun 1999. Berlokasi di Jakarta di bawah naungan PT. Trinet Pacific International, Karir tampak digarap profesional melihat kerja samanya dengan berbagai perusahaan besar dan universitas ternama dalam menyediakan informasi loker.

12. Jobindo

Halaman muka Jobindo | Screenshot

Berdiri sejak tahun 2005 di Jakarta, Jobindo menambah deretan situs penyedia lowongan pekerjaan buatan lokal. Sejak mulai beroperasi sembilan tahun silam, Jobindo, yang beroperasi di bawah PT. Jobindo Indonesia, memudahkan pencari kerja dengan menyediakan menu lowongan teratas, lowongan terbaru, perusahaan teratas, perusahaan terbaru, lowongan populer, dan lokasi kerja populer.

13. Jobfinder

Halaman muka jobfinder | Screenshot

Berbeda dengan situs sebelumnya yang telah dibahas, Jobfinder merupakan mesin pencari yang khusus menyediakan jutaan informasi lowongan pekerjaan dari ribuan industri dan kategori.

Dilihat dari pemilihan domain, kami belum menemukan banyak informasi mengapa Jobfinder yang berbasis di Jerman ini menargetkan pencari kerja asal Indonesia. Jobfinder sendiri menempatkan diri sebagai agregator.


Bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan di industri teknologi tanah air, Tech in Asiatelah merangkum sederet lowongan pekerjaan dari berbagai startup dan perusahaan besar di Indonesia yang membuka kesempatan karier di ranah teknologi. Kamu bisa melihatnya melalui tautan di bawah ini:

Info lowongan kerja terbaru di startup dan perusahaan teknologi

Akan terdapat beragam posisi yang tersedia, mulai dari programmer, desain grafis, marketing, media sosial, hingga sales. Artikel tersebut akan terus diperbarui tiap minggunya khusus untuk para pembaca setia Tech in Asia.

Mari berbagi pengalaman dalam mencari dan melamar pekerjaan secara online pada kolom komentar di bawah.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; sumber gambar: Digital Health Careers)

IKLAN

iklan kpu way kanan

IKLAN

metro

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

mesuji

IKLAN

 kapolres tanggamus-001.jpg

IKLAN

kapolsek gading rejo

IKLAN

kapolsek pugung

IKLAN

dprd lamteng