Cuaca Buruk, Kualitas dan Hasil Panen Menurun

TABIKPUN,METRO – Puluhan hektar (Ha) tanaman padi yang siap panen di areal Persawahan Margorejo, Kecamatan Metro Selatan, rubuh akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang.

Akibatnya, para pemilik lahan padi mengeluh dan mengalami kerugian puluhan juta rupiah karena hasil panen dipastikan menurun.

Salman (60) petani setempat mengatakan, dari dampak kerusakan tersebut hasil panen tidak maksimal.

“ia mas, akibat cuaca buruk begini pasti hasil panen kami menurun. yang sudah kami alami, dengan areal sawah 3 haektar misalnya, tapi setelah dipanen hasilnya cuma 2 hektar saja hasilnya mas, soalnya ngeblok-ngeblok loakasinya yang kena angin. Beberapa hari ini memang hujan deras sama angin kencang terjadi di areal hamaparan sawah di Metro Selatan”, keluhnya saat dikonfirmasi tabikpun.com.

Hal serupa juga dikeluhkan Sutarno (46), petani asal Mulyosari Metro Barat ini mengatakan, dirinya juga mengalami nasip yang sama tanaman padi miliknya rusak dampak akibat cuaca buruk tersebut.

“Biasanya padi yang sudah roboh kualitasnya akan gak bagus lagi dan butir-butir padinya banyak yang busuk. Ya petani yang padinya roboh dapat dipastikan akan merugi mas,” ungkapnya. (Arby).

Redaksi TabikPun :