Metro News Politik

Ini Rincian Kota Unggul, Cerdas, dan Religius yang Ingin Diwujudkan Anna-Fritz

Calon Wali Kota Metro Anna Morinda saat dikonfirmasi media di rumah perjuangan, Jl. Flores No 26 Ganjar Agung Kec Metro Barat, Senin (28/9/2020). (Ist)

METRO – Calon Wali dan Wakil Wali Kota Metro Anna Morinda dan Fritz Akhmad Nuzir kembali menjabarkan secara rinci atas makna Kota unggul, cerdas, dan religius. Rincian dijabarkan calon Wali Kota Metro Anna Morinda saat dikonfirmasi di Rumah Perjuangan, Jalan Flores No. 26 Kelurahan Ganjar Agung, Kecamatan Metro Barat, Senin (28/9/2020).

Menurut Anna Morinda, definisi kota unggul adalah kawasan yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi.

“UU No. 22 tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah. Makna unggul adalah lebih tinggi yang berarti pandai, baik, cakap, kuat, awet, dan sebagainya, daripada yang lain-lain, utama atau yang terbaik dan terutama. Kota unggul adalah suatu Kawasan yang terbaik sebagai tempat pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi,” terangnya.

Selain makna Kota unggul, Perempuan yang pernah menjabat pimpinan DPRD Kota Metro tersebut juga memaparkan makna Kota cerdas. Menurutnya, kota cerdas atau smart city adalah kota yang dapat mengelola semua sumber daya secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan berbagai tantangan, menggunakan solusi inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan.

“Pengelolaan tersebut semata-mata untuk meningkatkan kualitas hidup warga kota. Menurut Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat M.Eng seorang guru besar ITB yang saya pelajari, area perkotaan yang menciptakan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan kualitas hidup yang tinggi bagi warganya dengan meningkatkan 6 hal pokok yaitu pemerintahan, ekonomi, kualitas hidup, lingkungan, sumber daya manusia, dan transportasi. Yang dapat dilakukan dengan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang kuat,” paparnya.

Perempuan asli Metro yang dikenal menginspirasi kaum muda tersebut juga menjelaskan makna Kota religius yang akan dihadirkan Anna-Fritz jika mengemban amanah rakyat.

“Religius adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. Metro yang religius adalah Kota yang memberikan jaminan kepada seluruh pemeluk agama untuk dapat menjalankan ibadahnya masing-masing. Pemerintah hadir dan memberikan perhatian yang cukup untuk jaminan peribadatan tersebut, dan harapan kita dapat membentuk karakter warga kota metro yang unggul cerdas dan religius dengan bertakwa kepada Tuhannya,” bebernya.

Anna Morinda menyimpulkan bahwa makna visi kota pendidikan yang unggul, cerdas dan religius adalah suatu kota terbaik yang mempunyai fungsi dan identitas khusus, untuk mengelola semua sumber daya secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan berbagai tantangan, menggunakan solusi inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan serta masyarakatnya yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. (Rls)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: