Bandar Lampung News

Inovasi Ekonomi Kreatif GenPI Gugah Menparekraf Untuk Kunjungi Lampung

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, akan jadwalkan pertemuan dengan GenPi Provinsi Lampung. (Ist)

LAMPUNG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, menjadwalkan bertemu dengan GenPi Provinsi Lampung.

Wacana itu disampaikan saat Nemuin Komunitas (Netas) yang digelar Kemenparekraf melalui zoom meeting, bersama para sobat GenPI serta seluruh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata se-Indonesia.

Ketertarikan mengunjungi GenPI Lampung usai mendengar pemaparan inovasi Ekonom Kreatif oleh Ketua GenPI Provinsi Lampung Abdul Rohman Wahid di masa pandemi covid-19.

“Kami dari GenPI Lampung menyampaikan tiga poin yang telah dikerjakan guna mendongkrak perekonomian masyarakat di masa Pandemi Covid-19, diantaranya, Pemberdayaan pasar kreatif Payungi yang digerakkan sejak tahun 2018. Saat ini, omset sudah 4,5 M lebih dengan pendapatan per gelaran mencapai 45-55 juta. Selain pasar kreatif, di Payungi juga ada sekolah Payungi University, Sekolah Desa, perempuan (Women and Environment Studies), Kampung Bahasa Payungi dan Pesantren Wirausaha,” kata Wahid dalam diskusi, Jumat (4/6/2021) malam.

Wahid juga menyampaikan, telah menyiapkan agenda road show di kabupaten Kota di Provinsi Lampung, dengan langkah awal menanamkan kemandirian masyarakat melalui pasar kreatif.

“GenPI Lampung juga telah membangun pasar kreatif di beberapa kabupaten dengan mengedepankan kolaborasi pentahelix. Seperti Pak Tejo di Kota Metro, Sanmory Taman Asri di Kabupaten Way Kanan, Pakare di Lampung Tengah serta Teman Jalan dan Sarung Manggung di Lampung Timur. Disetiap pasar kreatif terdapat 40 hingga 60 Ibu-Ibu yang diberdayakan dengan cara berjualan kuliner dan lainnya.

Kemudian, Gerakan yang kami inisiasi bersama stakeholder, khususnya masyarakat menekankan konsep kegotong royongan. Oleh karena itu, GenPI terbuka terhadap upaya kolaborasi dengan berbagai komunitas yang lain, demi kepentingan bersama,” ungkap Wahid.

Sementara itu, Kemenparekraf Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno merespon baik pencapaian yang telah dilakukan GenPI di Provinsi Lampung.

“Ini adalah pencapaian yang baik, dimana pandemi ini sempat membuat dilema pelaku UMKM di masyarakat, dan dapat membaik akibat dengan adanya pasar pasar kreatif yang berkembang di Lampung. Kedepannya kami akan menjadwalkan pertemuan di Lampung bersama GenPI,” jelasnya. (Rls)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: