Lampung Tengah News

Kearifan Lokal Kian Tergerus, Muli Meghanai Bandar Buyut Bentuk Sanggar Kencano

Muli mekhanai Bandar Buyut didampingi tokoh adat usai musyawarah pembentukan Sanggar Kencano, Senin (21/9/2020). (Mozes)

LAMPUNG TENGAH Sejumlah Muli meghanai didampingi tokoh adat Bandar Buyut segera membentuk Sanggar Kecano atau Sanggar Seni Budaya Lampung.  Paguyuban ini bertujuan supaya ada wadah berlatih berbagai kesenian Lampung, di Kampung Buyut Udik, Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah.

Rencananya, Berbagai ragam seni tradisional Lampung yang akan kembali digliatkan seperti, tari Lampung, penabuh talo (gong) untuk acara Gawi Adat, dikir barew, dan seni budaya lainnya. Rencana pembentukan Sanggar ini tak lain diinisiasi oleh gabungan antara Pemuda Pemudi Desa Buyut Udik dan Buyut Ilir.

Mewakili Muli Mekhanai Bandar Buyut, Aprian Wahyudi, menerangkan, Sanggar Kencana dibentuk guna membangkitkan kembali seni dan budaya Lampung yang saat ini mulai tergerus dan kian diabaikan serta minimnya kepedulian generasi muda terhadap kearifan lokal khususnya seni adat Lampung.

“Seperti kita lihat diera saat ini, saya sangat miris, jika tidak ditegakkan saat ini akan punah dan hilang budaya warisan Budaya dari dari leluhur. Langkah awal dan sudah dimusyawarahkan dengan tokoh adat, kami sedang mengurus Legalitas Hukum, Akta Notaris misalnya,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya Sanggar Kencano Bandar Buyut menjadi wadah bagi seluruh warga Lampung untuk belajar bersama serta memangkitkan akan kecintaan terhadap seni dan budaya Lampung. “Dengan begitu kita bisa mencintai dan mempertahankan warisan nenek moyang yang kian punah,” tutupnya. (Mozes)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: