Lampung Tengah News

Komisi III: IPAL Pabrik BW di Buyut Ilir Keluarkan Bau Juga Dekat DAS 

Ketua Komisi III Deni Satria didampingi Sekretaris, dan Anggota Komisi III DPRD Lamteng meninjau IPAL Pabrik BW di Buyut Ilir. (Mozes)

LAMPUNG TENGAH – Komisi III DPRD Lampung Tengah (Lamteng) menemukan bau tak sedap keluar dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Pabrik Singkong BW di Buyut Ilir, Kecamatan Gunung Sugih. Selain itu, kolam IPAL berada dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Ketua Komisi III DPRD Lamteng, Deni Satria mengatakan, hal itu ditemukan Komisi III saat sidak di Pabrik Singkong BW di Buyut Ilir, Kecamatan Gunung Sugih, Kamis (25/2/2021). Dimana dua poin permasalahan serius IPAL pabrik tersebut tidak bisa dianggap remeh.

“Kolam IPAL mengeluarkan bau dan dekat DAS. Padahal pabrik itu kan di kawasan pemukiman dan persoalan ini bisa mengarah pada pencemaran lingkungan,” jelasnya didampingi Sekretaris dan Anggota Komisi III.

Sayangnya, lanjut dia, pihak pabrik tidak dapat menjelaskan buruknya kondisi IPAL tersebut. Pihak pabrik mengaku akan berkoordinasi dengan pihak berwenang terlebih duli.

“Jadi terkait temuan kami ini, pabrik akan koordinasi dengan pihak Way Lunik Bandar Lampung,” tambahnya.

Temuan itu pun memunculkan pertanyaan terkait seberapa jauh Dinas Lingkungan Hidup bekerja mengawasi pengelolaan IPAL di Lamteng. Karenanya, Komisi III akan memanggil Dinas Lingkungan Hidup membahas temuan tersebut.

“Kami mau tahu sejauh mana dinas lingkungan hidup bekerja, kenapa sampai pengelola IPAL tidak sesuai standar seperti itu. Harus segera ditindak, kasihan warga sekitar tidak bisa menghirup udara segar,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat, tambahnya, Komisi III juga akan melayangkan surat kepada pimpinan PT BW Cabang Lamteng dan Way Lunik Bandar Lampung untuk membahas hal tersebut. Rerpisah, HRD Pabrik BW Buyut Ilit Karyak mengaku akan berkoordinasi dengan pihak dari Way Lunik, Bandar Lampung terkait persoalan limbah tersebut. (Mozes)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: