News Tulang Bawang Barat

PA Tulang Bawang Tengah Terapkan Aplikasi e-Court

Aplikasi Perkara e-Court sudah bisa digunakan di PA Tubateng. Dengan aplikasi ini, berperkara jadi lebih cepat, mudah, dan murah. (Andika)

TULANG BAWANG BARAT – Pengadilan Agama (PA) Tulang Bawang Tengah (Tubateng) sudah mengimplementasikan prosedur pendaftaran perkara secara Elektronik (E-Court). Sistem tersebut juga telah disosialisasikan kepada para Advokat yang beracara di PA Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Hakim Pratama Madya, sekaligus Humas PA TBT Dodi Alaska Ahmad Syaiful, S.H.I., mengaku, sudah merealisasikan peraturan Makamah Agung RI (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 yang diperbaharui PERMA RI Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara elektronik.

“Tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik, dengan klasifikasi perkara Gugat Cerai kami sudah menerima, memeriksa, dan memutus 7 perkara melalui e-Court. Yaitu perkara yang didaftarkan secara online dan ke 7 nya sudah putus, bahkan 5 diantaranya sudah dalam proses pembuatan akta cerai. Jadi ini sudah anggap berkekuatan hukum tetap,” ungkap Alumni UIN Jogja itu, Jumat (6/9/2019).

Ia berharap, baik pengacara, maupun masyarakat umum memanfaatkan fasilitas ini dengan maksimal. Karena banyak manfaat, kemudahan, kecepatan, dan biaya perkara sangat ringan karena tidak ada biaya panggilan.

“Untuk strategi optimalisasi memanfaatkan perkara secara elektronik ini akan segera kami adakan sosialisasi kepada seluruh masyarakat. Dan kami akan menyediakan teras e-Court agar dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat umum,” tukasnya.

Senada dikatakan oleh Staf Pelayanan Tepadu Satu Pintu (PTSP) PA TBT Zahratul Aliyah. SH., ia menerangkan bahwa perkara e-Court sudah bisa diakses melalui SIPP. Perlu diketahui e-court atau peradilan elektronik diluncurkan sejak Juli 2018 lalu.

“e-Court atau Peradilan Elektronik adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran Perkara secara online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara secara online pembayaran secara online dan pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. Dengan e-court berperkara jadi lebih cepat, mudah, dan murah,” tutupnya. (Andika)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: