Advertorial Lampung Timur

Desa Tulung Balak Optimis Raih Penghargaan Penggunaan ADD Terbaik Kemendes

Masyarakat Dusun 3 membangun Drainase anggaran bersumber dari ADD 2019. (Hadi)

LAMPUNG TIMUR – Desa Tulung Balak Kecamatan Batang Hari Nubang Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) optimis mampu meraih penghargaan Kementerian Desa (Kemendes) atas penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) 2019.

Keyakinan tersebut karena sistem penggunaan ADD Dusun setempat yang transparan dan sesuai dengan ketentuan. Tim Pelaksanaan Kegiatan (TPK) ADD 2019 Desa Tulung Balak Suparmin menerangkan, semua pekerjaan pembangunan gorong-gorong, adalah masyarakat desa setempat.

“Pelaksanaannya selalu didampingi oleh Pendamping Lokal Desa (PLD) yang selalu turun langsung ke desa untuk mengawasi program kegiatan pembangunan Dana Desa (DD). Sehingga dapat dikerjakan hingga selesai dengan baik,” jelasnya, Selasa (30/7/2019).

Sementara Kepala Desa Tulung Balak Nuel mengaku selalu menegaskan kepada TPK bekerja sesuai dengan aturan UU dan rencana RAB. Serta gambar yang sudah dibuat oleh desa.

Banner daftar serapan ADD 2019 Desa Tulung Balak yang dapat dilihat oleh seluruh masyarakat. (Hadi)

“Sehingga mutu dan kualitas bangunannya jadi baik. Dan juga semua bangunan yang dibuat oleh masyarakat desa, yang menggunakan anggaran DD. Dengan pencairan tahap satu dan dua sebesar 60% tersebut sudah sesuai tim monitoring yang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dari dinas PU, dan tim tenaga ahli (TA) dari Kabupaten Lampung Timur. Sekarang ini kami sudah mengerjakan pekerjaan dana desa tahun 2019,” paparnya Nuel.

Sedangkan untuk pencairan tahap ke dua 20 % pelaksanaan fisik sudah selesai semuanya. Bentuk pekerjaan fisik diantaranya pembuatan sumur bor sudah selesai 100 persen,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya menunggu jadwal monitoring tahap kedua dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dinas pekerjaan Umum (PU) dan Tenaga Ahli (TA) dari Kabupaten Lamtim. “Setelah tim dari kabupaten turun memeriksa baik administrasi dan fisiknya, mudah-mudahan kami bisa dapatkan kembali penghargaan terbaik seperti dalam menggunakan Dana Desa 2019 dari Kemendes tingkat Nasional. Tentu ini membawa nama baik Lampung Timur,” tukasnya.

Diketahui DD 2019 Desa Tulung Balak mencapai Rp 1.419.969.000. Diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur fisik sebesar Rp. 894.083.000.

Infrastruktur fisik yang dibangun adalah gorong-gorong di Dusun 1, 2, 3, dan 4. Kemudian pembangunan drainase di Dusun 1, 2, 3, dan 4 sepanjang 1690 meter dan 490 meter dan pemberdayaan Puskesdes. (Adv)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: