News Pringsewu

Pemkab Pringsewu Pilih Bank BRI Salurkan BLT DD Covid-19

Bank BRI ditunjuk sebagai bank yang menyalurkan BLT DD Covid-19 ke masyarakat. (Nanang)

PRINGSEWU – Dalam waktu dekat Bank BRI di Pringsewu bakal kebanjiran nasabah.  Pasalnya, bank plat merah tersebut dipilih sebagai penyalur Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Covid-19.

Diketahui, terdapat delapan anak cabang yang tersebar di sembilan kecamatan di Ibukota Jejama Secancanan, yaitu BRI Cabang Sukoharjo, Pringsewu, Adiluwih, Banyumas, Pagelaran, Gading Rejo, Ambarawa dan Pardasuka.

Warga akan menerima dana bantuan Rp. 600 ribu per bulan selama tiga bulan kedepan secara non tunai yang ditransfer ke masing-masing rekening penerima bukan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Sesuai dengan mekanisme pencairan Dana Desa tahap 2, ada perubahan dan harus berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 40/PMK.07/2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 205/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa.

Dalam PMK tersebut dijelaskan yang intinya Dana desa diprioritaskan untuk penganggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat dalam rangka untuk menangani stabilitas sistem keuangan akibat dampak Pandemi Covid-19.

Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) (Pasal 23A ayat 2), jika tidak menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) maka akan dikenakan Sanksi berupa Penghentian Penyaluran Dana Desa Tahap III pada Tahun berjalan (Pasal 47A ayat 1) dan pemotongan Dana Desa 50% (ayat 2).

Penetapan sasaran Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) berdasarkan Peraturan Kepala Desa (Perkades) (Pasal 24 ayat 1 huruf c.3). Dana Desa Tahap I diprioritaskan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) (Pasal 24A ayat 1c).

Dana Desa Tahap I, II, III yang belum salur dapat disalurkan per bulan untuk kepentingan Bantuan Langsung Tunai (BLT Dana Desa) (pasal 24A dan 24B). Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Endang Budiarti mengatakan hanya BRI yang ditunjuk untuk penerima BLT Covid 19.

“Bank Lampung tidak cabang di pekon, Bank yang dipakai adalah BRI,” jelasnya, Sabtu (9/5/2020).

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: