Lampung Tengah News

Wajudkan Kondusifitas Pilkakam Serentak, Kapolres Gelar Doa Bersama

Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma didampingi Camat Kota Gajah Muliawan menyaksikan Deklarasi Damai Pilkakam, Rabu (9/10/2019). (Mozes) 

 

LAMPUNG TENGAH – Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma didampingi Camat Kota Gajah bersama 7 calon kepala kampung menggelar doa bersama, Rabu (9/10/2019). Doa bersama dilakukan dengan harapan Pilkakam serentak dapat berjalan kondusif.

Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma mempersilakan para pendukung calon Kepala Kampung (Kakam) melaporkan hasil kecurangan, pada proses pemilihan kepala kampung (Pilkakam), 7 November 2019 mendatang. Pernyataan itu disampaikan Kapolres di sela Deklarasi Damai calon kakam dua kecamatan, Kotagajah dan Punggur, di Kantor Kecamatan Kotagajah.

”Khusus money politics (politik uang), tim sukses silakan melaporkan ke kepolisian. Setelah dilaporkan, kepolisian yang akan menangani,” kata dia.

Dijelaskan kapolres, untuk pelaporan kecurangan money politics, para pelapor harus didukung dengan bukti dan fakta, dan tidak boleh berdasarkan asumsi atau kabar yang tidak jelas.

“Kalau hanya berdasarkan asumsi atau kabar yang tak jelas, nanti pelapor justru bisa terkena pasal penghasutan (pencemaran nama baik),” terang Made.

Tak hanya itu, Kapolres juga menyampaikan, untuk para calon kepala kampung, supaya selektif dalam memilih atau menunjuk para tim sukses. Tim sukses merupakan salah satu faktor berjalan baik atau tidaknya penyelenggaraan pilkakam serentak.

“Calon kakam harus selektif dalam memilih tim sukses. Mereka harus bisa merangkul, tidak saling menghasut, dan harus bisa menenangkan situasi dan tidak mengajak pada permusuhan,” kata Made.

Sementara Camat Kotagajah, Hj.Muliwan mengatakan, panitia di tingkat kampung dan kecamatan harus netral dalam proses pilkakam. Menurutnya, jika indikasi kecurangan datang dari panitia, maka dampaknya proses pemilihan kakam tak berjalan lancar.

“Panitia dari tingkat kampung, kecamatan atau kabupaten harus bersikap netral. Kami dari kecamatan akan bersikap yang terbaik untuk penyelenggaraan pilkakam, khususnya di Kotagajah,” kata Muliwan. (Mozes)

 

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: