Feature Kuliner Metro

Bangkit Di masa Pandemi, Bidan Novi Nyambi Bisnis Kuliner

Meski belum lama berdiri, Tenda Dapunta sudah memiliki banyak pelanggan. (Ist)

METRO – Tak dapat dipungkiri, dampak mewabahnya Covid-19 berpengaruh besar terhadap semua sektor. Seperti yang dialami sosok bidan Novita Anggraini (27) di Kota Metro Lampung ini misalnya. Wanita berhijab dua anak ini, harus pandai-pandai menangkap peluang di masa pandemi demi kelangsungan hidup dan menambah ekonomi keluarganya agar dapur tetap ngebul.

Sebelum memutuskan bisnis kuliner, restu sang suami menjadi tolok ukur dirinya untuk memulai usaha. Kendati begitu, Novi mengaku bangga dirinya dapat membantu suaminya mencari nafkah meski ia seorang perempuan dan berprofesi sebagai tenaga medis. Alhasil, niat dan tekadnya itu berbuah manis lantaran warung tenda yang diberi nama “Dapunta” itu ramai dikunjungi para pencinta kuliner di Bumi Sai Wawai karena cita rasanya menggugah selera.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) milik istri dari Arby Pratama ini, berlokasi di halaman Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro, Jalan AR Prawiranegara, Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat ini buka mulai pukul 17.00 WIB hingga habis. Sementara sajian Dapur Dapunta menawaran kuliner berbagai aneka ciri khas makanan Lampung berupa Sambal terasi serta menu istimewa lainnya berupa pecel lele kombinasi makanan khas Indonesia lainnya tentunya. Bebek bakar, nasi goreng juga dijajaki guna memenuhi kelengkapan menu Dapur Dapunta.

Awalnya Novi sempat ragu mengawali usaha kulinernya lantaran khawatir sepi akan pengunjung mengingat saat ini masih dimasa pandemi. Namun, keraguannya ternyata itu justru tak disangka, meski dimasa pandemi pun, peminat kuliner tetap tidak mengurungkan niat untuk mencoba sajian kulinernya dengan mengikuti anjuran pemerintah berupa menjalani protokol kesehatan berupa jaga jarak, pakai masker dan mencuci tangan terlebih dahulu ketika akan masuk ke tenda Dapunta.

Kepada Tabikpun.com, lulusan akademi kebidanan Wira Buana Metro 2014 itu bercerita, langkahnya membangun pondasi peningkatan ekonomi lewat sektor UMKM yang bergerak di bidang kuliner tersebut merupakan upaya meningkatkan taraf ekonomi keluarga dan para pekerjanya. Selain itu, dirinya tidak hanya mengandalkan honornya yang bekerja di rumah sakit. Bahkan, usaha kulinernya itu justru membangkitkan semangat para korban dampak covid serta pelaku usaha yang merasa usaha mereka redup.

” Awalnya memotivasi diri sendiri juga untuk tetap produktif dimasa pandemi Covid-19, kemudian saya mencoba memberanikan diri untuk minta izin kepada suami membangun usaha ini. Alhamdulillah direstui, disupport dan disiapkan segala sesuatunya,” kata Novita ditemui di warung tendanya, Selasa (25/5/2021).

Meski menjalani usaha tersebut, Novita mengaku tetap konsisten menjalankan tugas utamanya sebagai isteri dan tenaga kesehatan yang mengabdikan diri kepada masyarakat. Menurutnya tidak sulit membagi waktu selama menjalankan semuanya dengan ikhlas dan gembira.

“Alhamdulillah semuanya bisa dijalankan, prinsip saya yang penting semua dikerjakan dengan ikhlas dan jangan ada beban, buat happy saja. Alhamdulillah juga keluarga selalu mendukung langkah saya, suami saya selalu menemani dan mensupport kegiatan saya,” ujarnya.

Ibu dari Dapunta Artanabil Arnov Sarbini dan Davira Morinda Arnov Sarbini itu mengaku bersyukur usaha yang baru digelutinya banyak diminati masyarakat. Bahkan, setiap kali dibuka warung tendanya banjir orderan hingga berpenghasilan Rp. 500 ribu dari sore hingga tutup pukul 22. 00 WIB.

“Alhamdulillah mulai banyak penikmatnya, setiap kali buka tenda itu banyak pengunjungnya. Kebetulan untuk mengurangi mobilitas pelanggan dan kerumunan disini, Tenda Dapunta menyediakan layanan pesan antar. Dan Alhamdulillah layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan yang ingin makan sajian kuliner kita, tapi karena pandemi Covid-19 ingin tetap di rumah saja,” ucap Novita.

Bidan yang bekerja pada salah satu klinik swasta di Kabupaten Lampung Tengah tersebut juga berharap, bisnis kuliner yang baru dibangunnya dapat terus eksis dan bermanfaat bagi umat.

” Mudah-mudahan usaha kuliner ini dan UMKM lainnya dapat terus eksis dan banyak pelanggan, walaupun situasi Covid-19 tetap harus dijalani dan konsisten pada prosesnya, Insya Allah harapan itu tercapai karena Allah tidak akan menukar rezeki hambanya,” harapnya.

Tenda Dapunta sendiri mempekerjakan tiga karyawan, salah satu pekerja mengaku, sempat mencari pekerjaan namun tidak dapat lantaran pandemi Covid-19. Hal itulah yang memotivasi Dicky Vernanda (24) bergabung dalam management Tenda Dapunta.

“Karena Covid-19 juga sebenernya, cari kerjaan sulit. Denger-dengar mbak Novita mau buka warung tenda, terus saya hubungi beliau dan saya tanya-tanya, singkat cerita alhamdulillah saya bergabung. Kalau soal gaji alhamdulillah cukup memenuhi kebutuhan saya,” jelasnya.

Dicky menilai, sosok bidan Novita yang nekat berkreasi memanfaatkan situasi di tengah pandemi Corona menjadi hoki tersendiri. Menurutnya, saat banyak UMKM yang memilih beralih profesi, Bidan Novita justru memilih memulai UMKM dan mencoba peruntungannya.

“Sebenarnya upaya membangkitkan geliat UMKM di tengah pandemi ini justru menjadi momentum yang baik bagi siapapun ya, dan prospek ke depannya menjanjikan sekali. Itu yang saya lihat, sehingga kemudian saya tertarik dan berkomitmen bersama-sama membesarkan Tenda Dapunta,” bebernya.

Sementara itu seorang pelanggan mengatakan, mengetahui keberadaan Tenda Dapunta milik bidan Novita dari pemberitaan media massa dan promosi di media sosial.

“Saya nilai ini keren, yang dijual pecel lele, ayam goreng, bebek goreng dan pepes ikan tapi promosinya di media massa mainstream. Saya rasa ini menu-menu yang biasa dijual banyak warung tenda, tapi buat banyak orang penasaran karena muncul di berita. Termasuk saya dan keluarga akhirnya coba makan kesini, ternyata benar dengan yang diberitakan media. Selain murah, rasanya enak dan pelayanannya ramah walaupun harus antri,” ungkap Andi Darmawan (36).

Diketahui, Tenda Dapunta mulai beroperasi sejak 1 Mei 2021. Disana terdapat sejumlah menu yang dijual dengan rasa yang nikmat dan harga bersahabat. Menu andalan Tenda Dapunta milik bidan Novita juga menyajikan pepes ikan laut dan patin. (Red)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: