Lampung Utara News

Produksi Perusahaan Tapioka akan Dihentikan Jika Tak Capai Kesepakatan Harga dengan Petani 

Perwakilan petani singkong dan perusahaan menggelar rapat bersama Pemkab Lampura yang dipimpin Asisten I Azwar Yazid bersama Ketua DPRD Lampura Romli, serta Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan. (Adi/Yono)

LAMPUNG UTARA – Pemkab dan DPRD Lampung Utara (Lampura) akan menghentikan sementara produksi perusahaan tapioka bila tak ada kesempakatan harga dengan petani singkong.

Kebijakan tersebut menyikapi aksi demo para petani mengeluhkan murahnya harga singkong yang dibadrol perusahaan. Karenanya, dalam rapat bersama diputuskan agar perusahaan dan petani dalam dua pekan mampu mencapai kesepakatan harga. Jika tidak tercapai produksi perusahaan tapioka akan sementara dihentikan.

Pada rapat yang dipimpin Asisten I Azwar Yazid bersama Ketua DPRD Lampura Romli, dan dihadiri Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, perwakilan petani singkong dan perusahaan, dibuat berita acara yang ditandatangani untuk membentuk tim monitoring menangani persoalan harga singkong.

Asisten I Pemkab Lampura Azwar Yazid mengatakan, ada tiga poin dalam kesepakatan bersama yang telah disepakati. Yaitu sementara waktu petani singkong menerima harga Rp 800- 850 rupiah perkilogram dengan potongan 10 hingga 20 persen dari perusahaan, terhitung 15 hari mulai surat pernyataan tersebut dibuat.

“Ketentuan ini hingga para perwakilan perusahaan menyepakati apa yang menjadi tuntutan para petani,” ungkapnya, Selasa (27/10/2020).

Sementara Ketua DPRD Lampura Romli menegaskan, apabila perusahaan tidak memenuhi kata sepakat dengan para petani singkong, pemerintah berhak menghentikan produksi perusahaan sementara, hingga menghasil solusi bersama yang tidak merugikan satu sama lainnya. (Adi/Yono)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: