Metro News

PWI Provinsi Optimistis Peserta UKW XXI Lulus 100 Persen

Sekretaris PWI Provinsi Lampung Nizwar Ghazali, Wira Hadikusuma, Juniardi hadir sebagai pemateri pada Pra UKW ke XXI di Ballroom Hotel Grand Sekuntum. (Ist)

METRO – Para peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) XXI mengikuti Pra UKW di Ballroom Hotel Grand Sekuntum, Kota Metro, Kamis (12/13/2019). Pra UKW dibuka oleh Sekretaris PWI Provinsi Lampung Nizwar Ghazali yang sekaligus sebagai pemateri.

Nizwar mengaku optimistis peserta UKW XXI dapat lulus 100 persen. Hal tersebut terucap saat para peserta menjawab dengan benar pertanyaan jebakan yang disampaikannya.

“Coba saya mau tes dulu. Benar kan Kode Etik Jurnalistik itu ada 12 pasal?” tanya dia. “Salah! 11 pasal,” seru peserta. “Oh ya sudah, semuanya bisa lulus UKW,” timpalnya memberi semangat.

Selain Nizwar, hadir juga sebagai pemateri Wakil Ketua Bidang Pendidikan Wira Hadikusuma dan Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Provinsi Lampung Juniardi. Dimana pra UKW dibagi menjadi dua kelas, jenjang muda dan jenjang madya.

“Saya yakin pasti kawan-kawan bisa melakukan dan menyelesaikan materi ini dengan baik, sehingga nanti ketika pelaksanaan UKW sudah terbiasa. Karena yang diujikan itu kegiatan sehari-hari. Hanya saja, terkadang kawan-kawan kesulitan saat merubah aktifitas itu menjadi teori,” tambah Nizwar.

Nizwar berharap, dengan adanya Pra UKW para peserta memiliki gambaran ujian yang akan dihadapi. Sehingga memiliki teori untuk memudahkan peserta menjawab soal.

“Kalau tidak tahu teorinya pasti stres. Materi yang diujikan banyak, perencanaan peliputan, UU Pers, Kode Etik, dan yang terbaru harus menguasai pedoman media siber. Tapi saya yakin, setelah mengikuti Pra UKW ini sedikit banyak ada gambaran,” tutupnya.

Pantaun di lokasi, selain materi lisan dan tanya jawab, para peserta pun melakukan simulasi seperti saat UKW. Seperti rapat proyeksi dan rapat redaksi. (Red)

 

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: