Metro News

Supriyadi Alfian: Memeras, Kartu Anggota PWI Saya Cabut!

METRO- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) ke XXI di Kota Metro.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ball room hotel Grand S’kuntum Metro itu, dibuka tadi pagi, (13/12/2019) oleh Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Kota Metro,  A.Nasir .T. dan Wakil Ketua I DPRD setempat, Anna Morinda, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Metro Abdul Wahab mengatakan, UKW di Kota Metro sudah kali kedua dilaksanakan. Pertama pada 2012 dan UKW yang digelar saat ini.

Jumlah peserta yang mengikuti UKW XXI  sebanyak 30 orang dengan rinciannya 18 tingkatan wartawan muda dan 12 jenjang madya.

Jumlah anggota PWI Metro saat ini yang berkompeten terdapat 35 orang terdiri dari 5 Wartawan tingkat Utama, Madya 7 orang dan 23 untuk jenjang muda.

” Digelarnya UKW kali ini saya berharap anggota PWI metro bertambah yang berkompeten, kita punya target 50 wartawan yang bergabung di PWI metro berkompeten semua”, ujar Wahab saat menyampaikan sambutan.

“Ini merupakan bentuk komitmen dan konsistensi PWI metro dalam upaya peningkatan kapasitas SDM internal PWI Metro”, tambahnya.

Sementara, Bang Yadi -sapaan akrab Supriyadi Alfian- mengatakan, selaku Ketua PWI Lampung, dirinya kerap mendapat keluhan perihal etika wartawan. Bahkan sampai ada yang memeras narasumber.

Karenanya, ia menekankan kepada seluruh anggota PWI Lampung, agar tetap memegang teguh kode etik jurnalistik dan patuh dengan UU Pers 40 Tahun 1999.

“Saya janji. Akan saya cabut kartu anggotanya ketika diketahui memeras dalam menjalankan aktivitas jurnalistiknya,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bang Yadi juga menyampaikan tentang UKW yang merupakan kewajiban setiap wartawan. Terutama anggota PWI.

Menurutnya, UKW merupakan tolok ukur seorang wartawan apakah berkompeten atau tidak.

“Karenanya saya berpesan kepada peserta UKW untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan hati-hati. Karena yang bisa membantu Anda adalah Anda sendiri,” ucapnya.

Senada disampaikan salah satu penguji UKW Cahyono Adi mewakili Ketua PWI Pusat Atal S Depari. Dia juga mengimbau pserta UKW harus serius dan hati-hati dalam mengerjakan soal-soal ujian.

“Kami dari tim penguji tidak bisa membantu peserta. Anda sendiri yang berusaha. Jika ada nilai uji dapat angka di bawah tujuh puluh, maka anda tidak berkompeten,” katanya.

Sementara, Sekkot Metro A. Nasir, A.T. mengatakan, wartawan dapat bersenergi dengan pemerintah untuk bersama-sama mendukung pembangunan di Kota Metro.

Dia juga berharap kepada wartawan yang tergabung dalam PWI bekerja secara profesional.

“Jurnalis yang kompeten akan mampu menyampaikan berita secara profesional di tengah-tengah masyarakat,” katanya. (red/ rel)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: