Metro News

Walkot Metro Minta RSUD Prioritaskan Penanganan Wanita Hamil Terpapar Covid-19 

Wali Kota Metro Wahdi Siradjudin saat jenguk pasien positif Covid-19 di RSUD Ahmad Yani Metro. (Ist)

METRO – Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin meminta RSUD Ahmad Yani memprioritaskan penanganan wanita hamil yang terpapar Covid-19 dan penyandang spesialistik spesifik.

“Untuk pasokan oksigen yang ada, saya minta untuk diprioritaskan untuk kepada wanita hamil yang terpapar dalam proses persalinan,” kata Wahdi saat mengunjungi pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Yani, Minggu (18/7/2021).

Ia juga meminta pada pihak rumah sakit untuk kasus berat dan kritis serta kasus spesialistik spesifik atau kasus yang hanya mampu ditangani RSUD Ahmad Yani dijadikan prioritas juga.

“Pasien kasus berat sangat membutuhkan oksigen. Sedikit saja terlambat kapasitas oksigen akan meningkatkan morbiditas (kesakitan) dan mortalitas (kematian). Karena pasokan terbatas, maka yang diprioritaskan saat ini kasus-kasus berat,” lanjutnya.

RSUD Ahmad Yani, lanjutnya, merupakan rumah sakit rujukan regional yang menerima pasien berat dan kritis dari kabupaten lain. Dari data yang ada, pasien dengan KTP Metro hanya kisaran 10 sampai 15 persen dan meningkat 20 persen pada tanggal 15 Juli.

Wahdi mengaku, meningkatnya kasus yang terjadi saat ini sangat berdampak pada pasokan oksigen di rumah sakit. Karena hampir semua pasien di RSUD Ahmad Yani membutuhkan oksigen. Untuk itu perlu perhatian dan kerja sama yang baik, terintegrasi dan berkolaborasi.

“Termasuk kerja sama dengan daerah dimana masyarakatnya banyak dirawat di RSUD Ahmad Yani atau RS lain di Metro. Kita juga selalu memerhatikan kondisi pasien Covid-19 yang isolasi di KTN, Buper, maupun di rumah sakit rujukan selain Ahmad Yani,” imbuhnya.

Hal tersebut dilakukan agar pasien tertangani dengan baik, karena keselamatan masyarakat diatas segalanya. Wali Kota mengimbau masyarakat Kota Metro untuk wajib menaati protokol kesehatan sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. (Adi)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: