News Tulang Bawang Barat

Diduga Memeras, Mantan Ketua LPA Tubaba Dan Dua Warga Lamteng Diringkus Polisi

Terduga pelaku berinisial ES saat di ruang riksa polres Tubaba atas tudingan Pelaku Pemerasan, Jum'at ( 10/20).

TULANG BAWANG BARAT – Anggota Reserse dan kriminal Kepolisian Resor Tulang Bawang Barat (Tubaba) meringkus terhadap mantan Aktifis ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA), di Tiyuh Margo Mulyo Kecamatan Tumijajar Kabupaten setempat. Ia dibekuk bersama dua rekannya yakni warga Lampung Tengah.

Kasat Reskrim Polres Tubaba, AKP Andri Gustami SIK mewakili Kapolres Tubaba AKBP Hadi Saeful Rahman SIK mengatakan, terduga pelaku berinisial ES ditangkap di rumah korban di Tiyuh Margo Mulyo, RT 023/RW 007, Kecamatan Tumijajar sekira pukul 17.36 WIB, Jum’at ( 10/20). Selanjutnya polisi juga menangkap dua rekannya yang tak lain warga Lampung Tengah di tempat yang berbeda.

Andri mengungkapkan, kronologis kejadian yakni bermula pada 4 Desember 2019 lalu sekira pukul 14.30 WIB, terduga pelaku pemerasan berinisial ES memeras terhadap korban Tugiman dan menuduh korban telah melakukan tindakan asusila terhadap ND.

Lalu, ke tiga orang tersebut menyuruh korban untuk datang ke rumah kepalo Tiyuh Margo Mulyo, di saat dirumah kepalo tiyuh, ND meminta meminta ganti rugi sebesar 50 juta sebagai uang pertanggung jawaban atau untuk uang damai.

Saat itu korban merasa bingung karena tidak memiliki uang sebesar Rp 50 juta, Akhirnya ND bersama rekannya ES dan RD sepakat memutuskan mengambil 1(satu) unit mobil jenis toyota kijang super dengan nomor polisi BE 1034 GW beserta STNK dan BPKB yang di miliki korban sebagai cicilan pertama dan mobil korban tetsebut di nilai angka nominal 23 juta.

Tak berhenti disitu, namun korban masih harus melunasi kekurangan yang diminta oleh ketiga terduga tersebut untuk menambah sejumlah uang sebesar Rp27 juta dengan satu bulan dari perjanjian yang mereka buat. Kemudian pada hari Jum’at, 10 Januari 2020 korban menyerahkan uang kepada para pelaku.

“Anggota kita langsung ke tempat kejadian perkara (TKP) rumah korban di Tiyuh Margo Mulyo RT 023/RW 007 Kecamatan Tumijajar untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku”, ungkap kasat.

” Pada saat asyiknya pelaku ES sedang menghitung uangnRp 27 juta di rumah korban yang kebetulan kedua pelaku lain tidak ikut bareng mengambil uang tersebut”, Terang Andri.

Atas perbuatan mereka, kini polisi mengamankan mantan Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) tubaba tersebut berikut barang bukti uang tunai pecahan ratusan ribu sebesar Rp 27 juta yang diduga hasil pemerasan terhadap korban Tugiman.

“Untuk sementara ini pelaku ES dan kedua lainya sudah kami amankan dan masih proses penyidikan lebih lanjut. Untuk ancaman pelaku dikenakan pasal 368 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara” pungkasnya. ( Andika )

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: