Lampung Utara News

Dinilai Keluar Jalur, Kejaksaan Memprotes Pertanyaan Kuasa Hukum Marbot

Adearebi, saksi dari pihak Kejaksaan selaku termohon II yang merupakan Jaksa Peneliti bersumpah di hadapan Majelis Hakim. (Adi Susanto)

LAMPUNG UTARA – Pengadilan Negeri Lampung Utara (Lampura) menggelar sidang lanjutan persidangan Pra Peradilan ganti kerugian Oman Abdurohman, Jumat (14/6/2019). Sidang pun diwarnai protes pihak kejaksaan selaku termohon II saat penasehat Hukum Marbot melontarkan sejumlah pertanyaan kepada saksi yang dihadirkan.

Dalam persidangan, pihak kejaksaan mengadirkan saksinya yang merupakan jaksa peneliti berkas P 21 perkara perampokan keterlibatan Oman 2017 silam, yaitu Adearebi. Ia menjelaskan semua berkas dari pihak kepolisian sudah memenui persyaratan untuk di lanjutkan ke Jaksa Penutut Umum pada saat itu.

“Ada berkas BAP pengakuan tersangka pada saat itu,” katanya di hadapan Majelis Hakim Imam Munandar,  jumat 14 Juni 2019.

Saat M. Idran Fran Penasehat Hukum Oman yang merupakan Marbot Mesjid tersebut melontarkan pertanyaan kepada saksi sesuia izin Majelis Hakim. Saat saksi mulai menjawab di pertengahan, pihak Kejaksaan Kasi Pidum, protes. Lantaran pertanyaannya keluar dari apa yang di persidangkan.

“Izin majelis Hakim, sepertinya pertanyaannya di luar konteks yang muliah,” kata Sukma Frando Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Lampura.

Sidang pun dilanjutkan dengan penyerahan berkas kesimpulan secara tertulis dari pemohon dan termohon I serta termohon II, ke pada Majelis Hakim, untuk ditetapkan di Persidangan Senin 17 Juni 2019.

“Sidang keterangan saksi dari termohon II dan lanjut  kesimpulan masing-masing pihak Pemohon dan termohon. Untuk Akhir siding penetapan di agendakan Senin mendatang pukul 14.00 wib, tidak perlu  hadirnya korban Oman,” kata Hakim Tunggal Imam Munandar, usai persidangan.

Menarik kesimpulan dari saksi yang dihadirkan, termohon II, Penasehat Hukum M. Idran Fran Mengatakan, meskipun tadi saksi menerangkan bahwa ada pengakuan BAP dari tersangka Oman Abdurohman pada saat itu, tidak otomatis membuatnya bersalah. “Itukan sebelum persidangan. Sementara yang dibutuhkan keterangan terdakwa, bahwa dia tidak bersalah. Dan diputuskan bebas,” tukasnya. (Adi)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

%d blogger menyukai ini: