News Pringsewu

DPRD Minta Pelayanan RSUD Pringsewu Selaras dengan Akreditasi 

Banyaknya keluhan terhadap pelayanan RSUD Pringsewu dikritik DPRD dalam Rapat Paripurna. (Nanang)

PRINGSEWU – Sidang paripurna tentang pengesahan Raperda pelaksana Anggaran APBD TA 2018 diwarnai beberapa catatan tentang banyaknya keluhan terkait pelayanan RSUD Pringsewu.

Anggota Komisi I DPRD Pringsewu mengaku, telah mendapatkan keluhan terkait pelayanan RSUD Pringsewu dari berbagai elemen. Baik keluhan dari pasien yang berobat atau keluarga yang menjenguk.

“Ya sesuai masukan keluhan masyarakat, maka kami DPRD merekomendasikan hasil kinerja Laporan pertanggungjawaban APBD 2018. Khusus RSUD kami menerima banyaknya aduan keluhan dari masyarakat baik yang berobat maupun yang jenguk, tokoh pemuda, masyarakat, elemen masyarakat, terkait pelayanan RSUD yang belum maksimal, maka warga masyarakat banyak yang ingin di rujuk di RS swasta itu indikator nya,” jelasnya, Kamis (4/7/2019).

Kesiagaan UGD juga dinilai masih kurang, pelayanan BPJS masih banyak keluhan, pelayanan ruang rawat inap harus banyak perbaikan lampu yang kurang memadai, toilet kurang bersih, ruangan pelayanan berkurang ramah dan lain-lain.

“Ini catatan kami DPRD terkait RSUD diharapkan kedepannya lebih ditingkatkan apalagi sekarang sudah akreditasi paripurna ya harus seimbang,” harapnya.

Menanggapi masukan tersebut, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Pringsewu Dr. Herman mengatakan, RSUD Pringsewu sudah memiliki standar pelayanan, karena hal tersebut menjadi syarat dokumen untuk penilaian akreditasi. Tetapi mungkin pengaplikasianya yang belum sesuai karena perlu sosialisasi dan pembiasaan.

“Mohon maaf yang banyak keluhan di bagian mana mas, dan apakah sudah di sampaikan ke bagian penanganan pengaduan keluhan atau dimasukkan ke kotak saran. Bagian yang buruk bisa lebih spesifik dan mencantumkan waktu kapan dimana dan siapa yang melayani dan dilayani mas. Upaya yang sudah dilakukan pembinaan staf saat apel mingguan dan pertemuan briefing bidang pelayanan. Supervisi manajemen pada seluruh unit pelayanan baik rutin maupun situasi khusus saat lebaran dan tahun baru.Terimakasih masukannya, akan disampaikan kepada pimpinan, ” tutupnya.

Berdasarkan data yang ada di laman Komite Akreditasi Rumah Sakit  (KARS) Republik Indonesia (akreditasi.kars.or.id), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pringsewu (standar 2018 – kelas C), dengan status Tingkat Paripurna.

RSUD Pringsewu dengan status kepemilikan oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu ini mulai disurvei per 19 Desember 2018, dengan masa berlaku hingga 18 Desember 2021.

Diketahui, RSUD Kabupaten Pringsewu sendiri, beberapa waktu lalu dikunjungi oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), yang  melakukan survei  remedial akreditasi snars.

Tim KARS yang terdiri dari dr.Norma D.Sinaga dan dr.Sri C.B.Rahayu, didampingi Kasi Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Yulianto diterima oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A. didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Andi Wijaya, S.T. dan Asisten Bidang Administrasi Umum Ir.H.Achmad A. Siregar, Kadis Kesehatan Pringsewu Purhadi, M.Kes. dan Direktur RSUD Pringsewu dr.Teddy  di RSUD Kabupaten Pringsewu di Jalan Lintas Barat Sumatera, Desa Fajaragung Barat, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Rabu (26/6) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A., berharap setelah ada peningkatan akreditasi, ada peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (Nanang)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: