Tekno

Ide Startup Menarik Minggu Ini — 24 Juli 2017

Minggu ini, kami kembali menghadirkan beberapa ide bisnis startup menarik dari berbagai dunia. Ide-ide ini telah berhasil menarik perhatian dengan jumlah pengguna yang banyak atau pendanaan dalam jumlah besar di negara mereka masing-masing. Kumpulan ide ini diharapkan bisa menjadi inspirasi kamu untuk membuat startup teknologi di kemudian hari.

Pada edisi kali ini, saya mengumpulkan ide usaha dari beragam bidang, mulai dari pertanian, logistik, hingga teknologi visual. Mari simak ulasannya berikut ini.


 

Plenty

Ide: Lahan pertanian di dalam ruangan

Plenty Agriculture

Untuk menghasilkan buah dan sayuran, para petani biasanya membutuhkan sebuah lahan terbuka yang luas. Namun, mereka juga harus menghadapi berbagai tantangan seperti modal yang cukup besar untuk membeli lahan, cuaca yang tidak menentu, hingga serangan hama. Lahan tersebut pun biasanya berlokasi cukup jauh dari perkotaan, sehingga kesegaran produk yang dihasilkan pun menjadi berkurang ketika sampai di tangan konsumen.

Beberapa startup seperti Aerofarms dan Bowery telah mencoba mengatasi hal tersebut dengan membuat lahan pertanian di dalam ruangan. Selain membutuhkan lahan yang tidak begitu besar, sistem tersebut pun tidak terlalu rentan dengan serangan hama dan perubahan cuaca.

Pada tahun 2017 ini, muncul sebuah startup bernama Plenty yang mencoba untuk melakukan hal yang sama, namun dengan cara yang berbeda. Startup asal Amerika Serikat tersebut lebih memilih untuk menanam tumbuhan dengan bentuk vertikal, berbeda dengan startup lain yang menyusun tanaman dengan bentuk horizontal.

Menurut Plenty, selain bisa menghemat tempat, cara ini juga bisa memudahkan mereka dalam melakukan pengairan. Plenty mengklaim kalau sistem mereka bisa menghasilkan tanaman 350 kali lebih banyak dibanding sistem pertanian konvensional yang menggunakan luas lahan yang sama.

Pada tanggal 19 Juli 2017 kemarin, startup ini baru saja mendapat pendanaan sebesar US$200 juta (sekitar Rp2,6 triliun) yang dipimpin oleh Softbank. Pendanaan ini diklaim sebagai investasi terbesar yang pernah diterima perusahaan teknologi pertanian hingga saat ini.

Nauto

Ide: Kamera pemantau keselamatan berkendara

Nauto | Screenshot

Nauto adalah sebuah platform yang bisa memantau cara mengemudi seseorang ketika mengendarai kendaraan. Dengan begitu, sebuah perusahaan penyewaan mobil misalnya bisa mengetahui bagaimana gaya mengemudi seorang penyewa ketika tengah menggunakan mobil mereka.

Untuk melakukan hal tersebut, Nauto memasang sebuah perangkat di kaca depan mobil. Perangkat tersebut mempunyai dua buah kamera. Satu kamera mengarah ke wajah pengemudi, sedangkan kamera yang lain mengarah ke arah jalanan di depan mobil.

Kamera yang mengarah ke wajah pengemudi akan bisa mendeteksi identitas orang yang sedang mengemudikan mobil. Kamera tersebut pun bisa mengetahui kapan sang pengendara tengah fokus mengendalikan mobil, kapan mereka teralihkan perhatiannya oleh hal lain, serta bagaimana ekspresi wajah mereka.

Di sisi lain, kamera yang mengarah ke arah jalanan akan mengetahui kapan mobil tersebut berjarak terlalu dekat dengan kendaraan lain. Semua data tersebut, beserta data pergerakan mobil, kemudian akan dikirimkan untuk dianalisis dalam sebuah dashboard khusus yang telah disediakan Nauto.

Cubyn

Ide: Bantuan logistik untuk pengiriman ke seluruh dunia

Cubyn | Screenshot

Cubyn adalah startup asal Paris yang bisa memudahkan kamu untuk mengirim barang ke seluruh dunia. Mereka bisa menjemput barang dari rumah kamu dalam waktu kurang dari dua jam, membungkusnya secara rapi, lalu mengirimkannya. Kamu pun bisa memantau posisi barang yang kamu kirim secara online di platform mereka.

Untuk menghadirkan layanan tersebut, Cubyn memberlakukan biaya layanan sebesar EU€1 (sekitar Rp15 ribu) untuk penjemputan minimal lima paket. Selain menghadirkan layanan lewat formulir online, mereka pun menyediakan API serta memungkinkan pengguna untuk mengirimkan data rencana pengiriman dalam sebuah spreadsheet.

(Diedit oleh Septa Mellina)

IKLAN

iklan kpu way kanan

IKLAN

metro

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

mesuji

IKLAN

 kapolres tanggamus-001.jpg

IKLAN

kapolsek gading rejo

IKLAN

kapolsek pugung

IKLAN

dprd lamteng