Metro News

Disdikbud Akan Hapus Predikat Sekolah Favorit di Metro

Kadisdikbud Ir. Ria Andari saat di konfirmasi awak media. (Arby Pratama)

Metro – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro Ria Andari berencana menghapus sekolah favorit di Bumi Sai Wawai. Dirinya menyatakan akan membuat regulasi baru dan membahasnya bersama Walikota Metro terkait Perwali tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TP. 2018/2019 dari tingkat SD Negeri hingga SMP Negeri.

Menurutnya, terdapat beberapa poin yang rencananya akan dibahas, salah satunya memantapkan rencana ditiadakannya sekolah favorit. Sepanjang beberapa tahun belakangan ini, SMP N 4 Metro dan SMP N 1 Metro digadang sebagai sekolah favoit bahkan mendapat perlakukan spesial oleh Pemerintah terkait kucuran bantuan.

“Iya jadi akan dicoret sebagai sekolah favorit yang selalu menjadi rujukan Walimurid menyekolahkan putra-pitrinya. Semua sekolah dipandang sama, bahkan terkait PPDB akan kita bahasi 4 rombel (Rombongan Belajar),”ungkapnya, Senin (19/2/2018).

Mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikibud Provinsi Lampung ini kembali menegaskan akan menerapkan PPDB dengan system zonasi.

“Jadi tidak akan ada lagi sekolah favorit, saat ini kita masih di sibukan dengan sekolah favorit. Ketika nanti system tersebut di terapkan, misalkan masyarakat yang tinggalnya di wilayah Metro Selatan harus sekolah di situ, jadi tidak boleh ziarah ke wilayah Metro Pusat,” katanya.

Ria juga menyampaikan prihal system ini ada beberapa konsekuensinya sekolah yang terdapat di pinggiran Kota sama bagusnya. Sistem zonasi sesuai Permendikbud No. 17/ 2017 tentang mekanisme PPDB.

“Makanya akan kita kancah dulu Perwalinya sebelum system ini terapkan. Kita pada posisi 75 persen system zonasi, lalu sisanya system prestasi akademik, dan system non akademik. Sedangkan sekolah swasta masih kita beri kelonggaran dan artinya kita beri kebebasan,” ujarnya.

Terpisah saat dikonfirmasi menggapi Disdikbud akan membatasi 4 Rombel PPBD , Kepala SMPN 1 Metro Fatimah, S.Pd menyatakan terkait hal tersebut dirinya belum bisa bicara banyak.

 “Saya belum lihat aturan dan regulasi yang baru. Jadi saya belum berani komentar,” singkatnya.

Sementara itu, pantauan awak media sekolah yang digandang sebagai sekolah favorit yakni SMPN 1Metro, dan SMPN 4 Metro yang sebelumnya menerima sampai 9 Rombel akan kehilangan ratusan siswa. Ketika aturan dan regulasi system zonasi yang akan membatasi 4 rombel setiap PPBD Tahun Ajaran Baru. (Ap)

 

IKLAN

iklan lambar

IKLAN POLITIK

iklan road to senayan

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

iklan lambar-001

IKLAN

iklan lambar-001

IKLAN

iklan HUT lambar

IKLAN

iklan lambar dishub