News Pringsewu

Kreatif, Bhabinkamtibmas Buat Satu Kentongan Disetiap Rumah

Penyerahan kentongan dihadiri Bupati Pringsewu, Tokoh Masyarakat tokoh pemuda karangtaruna dari Danramil pagelaran, Kesbangpol Pringsewu dan Camat Pagelaran. (Nanang)

PRINGSEWU – Bhabinkamtibmas Polsek Pagelaran Polres Tanggamus, Brigadir Polisi Budi Satria Suchairi melakukan terobosan kreatif dengan memberikan satu rumah satu kentongan tradisional ke warga di 2 Pekon binaanya.

Menurutnya, wacana itu telah ada semenjak dirinya menjadi Babinkantibmas di Pekon Gemahripah dan Sidodadi beberapa waktu yang lalu. Hal itu adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengamanan di lingkungan tersebut.

“Alhamdulilah acara malam ini di hadiri Bapak Bupati Pringsewu, Tokoh Masyarakat tokoh pemuda karangtaruna dari Danramil pagelaran, Kesbangpol Pringsewu dan Camat Pagelaran,” kata Brigadir Polisi Budi, Sabtu (14/9/19) malam.

Penyerahan kentongan tersebut, lanjutnya, secara simbolis dilakukan oleh Bupati Pringsewu sebagai respon dan dukungan Bupati. Bupati berharap program tersebut dapat menjadi contoh dan dapat diterapkan oleh semua pekon yang ada di Kabupaten Pringsewu.

“Kentongan tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai alat komunikasi antar warga jika terjadi musibah atau ada acara lainnya. Seperti kita ketauhi bahwa, kentongan sudah ada sejak jaman dahulu, dimana kentongan sebagai alat pemangil apabila ada momen-momen mendadak,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kakon Gemahripah menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, program satu rumah satu kentongan akan berdampak positif bagi keamanan warga di Pekonnya.

“Kami dari dua Pekon Gemahripah dan Pekon Sidodadi sangat mendukung kegiatan pak Babinkantibmas, apalagikan bambu, alat untuk membuat kentongan, kita punya dan gak harus beli,” jelasnya saat diwawancarai awak media.

Terpisah, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK., MM., selaku pimpinan menyampaikan apresiasi atas ide kreatif yang telah dilakukan Bhabinkamtibmas. Menurut Kapolres, dengan adanya kentongan yang diperkuat peningkatan Sismkamling, tentunya dapat membantu terciptanya Kamtibmas yang kondusif.

Kapolres juga berharap dengan laucing 1 rumah 1 kentongan oleh Bupati Pringsewu itu dapat memicu Pekon Pekon lainnya mengikuti ide kreatif itu.

“Sangat kami apresiasi ide tersebut, selain tampak kedekatan Polisi dan masyarakat juga sebagai alat terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif, semoga pekon-pekon lain juga dapat melaksanakannya,” ucap AKBP Hesmu Baroto, Minggu (15/9/19).

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: