News Tulang Bawang Barat

Pertama di Indonesia, Umar Ciptakan dan Luncurkan Program Mantra di Tubaba

Bupati Tubaba Umar Ahmad didampingi Kadisos Rasidi saat melaunching program sosial Mantra. (Andika)

TULANG BAWANG BARAT – Generasi muda generasi berkarya seperti pantas disematkan kepada Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad, SP. Pada masa kepemimpinanya, ia menciptakan dan meluncurkan program Maju dan Sejahtera (Mantra) bagi masyarakat.

Inovasi ini semakin membanggakan karena program tersebut merupakan pertama kali ada di Indonesia. Bupati Tubaba Umar Ahmad, SP., mengatakan, Mantra merupakan suatu skema perlindungan dan jaminan sosial dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

“Penanggulangan dilakukan melalui pemberian bantuan sosial non tunai kepada kelompok rumah tangga kurang mampu yang terpilih dan ditetapkan berdasarkan BDT (Base Data Terpadu) Kementrian Sosial RI,” paparnya saat peluncuran program Mantra, Rabu (18/9/2019).

Melalui Mantra, lanjut Bupati, diharapkan masyarakat yang kurang mampu dan terpilih serta ditetapkan, nantinya akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah dengan leading sektor Dinas Sosial yang benar-benar bermanfaat untuk menunjang kehidupannya. “Dan Rumah Tangga Kurang Mampu yang menjadi sasaran program Mantra merupakan mereka yang belum termasuk dalam penerima Program Keluarga Harapan (PKH),” jelasnya.

Ia menjelaskan, saat ini terdata penerima program Mantra berjumlah 13.250 KK, tersebar di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dalam pelaksanaannya, program Mantra melibatkan 3 bank, yaitu BNI, Bank Lampung, dan BPRS Tani Tubaba.

“Program ini tak hanya menggambarkan adanya komitmen yang besar dari jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi sekaligus menjadi salah satu penyangga yang memperkuat program nasional dalam penanggulangan masalah kemiskinan. Diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH),” paparnya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Tubaba, ia menyampaikan mengucapan terima kasih kepada jajaran Kementrian Sosial RI, jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, jajaran Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Serta semua pihak yang sejak awal telah memberikan dukungan dan pemikiran untuk pelaksanaan Program Mantra, terutama dalam merancang agar program ini benar-benar tepat sasaran, efektif, dan efisien.

“Saya sangat berharap program ini dapat terealisasi dengan baik. Karenanya Tim Pengendali, Tim Pelaksana, beserta para Koordinator dan Pendamping setiap tiyuh agar dapat bekerja keras merealisasikan program ini. Sehingga pada akhirnya keberadaan program ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tukasnya.

Pantauan di lokasi, peluncuran program Mantra dihadiri
Forkopinda Kabupaten tubaba, Ketua DPRD Tubaba, Kepala Dinas Sosial Provinsi Drs.Sumarjo Saini.MS.i., perwakilan Kemensosial Dirjen Endang, Kepala OPD se-Kabupaten Tubaba, Tim konsulatan, tim pengendali, tim pelaksana dan tim koordinator. Serta para pendamping Mantra, Direktur Bank BNI, Bank Lampung dan Bank Saiah Tani dan Ketua Pengerak PKK Tubaba. (Andika)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: