Lampung Utara News

Ratusan Napi di Lampung Utara Hilang Hak Pilih

Narapidan Rutan Kotabumi salurkan hak pilihnya. (Adi Susanto)

LAMPUNG UTARA – Ratusan penghuni rumah tahanan Rutan Kelas IIB TPS 145 dan Lembaga Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Kotabumi TPS 075, tidak dapat menyalurkan suaranya di pemilu serentak, Rabu 17 April 2019.

Andhika Saputra Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan serta sebagai Ketua KPPS Pemilu 2019 mengatakan, jumlah mata pilih yang terdaftar pemilihan tetap (DPT), di rutan hanya 58 narapidana. Sementara penghuni rutan sebanyak 420 Orang.

“Ada 77 orang yang terdaftar sebagai DPTb, atau daptar pemilihan tambahan. Sementara sisanya belum dapat dipastikan bisa memilih, dilihat kertas surat suara tidak tersedia lagi,” katanya.

Hal senada dikatakan Kepala Lapas Kelas II A Kotabumi, Tetra Distorie, bahwa para narapidana yang terdaftar DPT 30 orang, tambahan 117 bersama petugas 15 orang. Total 162 tidak sebanding dengan yang kita ajukan ke KPU Lampung Utara, sebanyak 267 orang yang terealisasi hanya 50 orang saja.

“Sayangnya surat suara tambahan juga belum terpenuhi semua, buat pemilihan tambahan,” sesalnya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara, Marthon berkelit saat di tanyakan kekurangan kertas suara di Lapas dan Rutan. “Sesuai peraturan PKPU, yang sudah mengaturnya. Kita berikan DPT tambahan, apabila kertas suara kurang bisa mengambil di TPS terdekat, oleh petugas di sana,” ujarnya. (Adi)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

%d blogger menyukai ini: