Kuliner Metro News

Seluruh Rumah Makan Di Metro Akan Diambil Sampel dan Diperiksa Terkait Kandungan Daging Celeng

www.tabikpun.com, METRO – Setelah kedapatan tiga warung mie yang menjual makanan mengandung minyak dan daging babi tanpa pemberitahuan kepada pembeli. Tim Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) akan kembali melakukan pembinaan kebeberapa tempat makanan olahan daging yang diduga mengandung minyak dan daging babi serta bahan berbahaya lainnya di Bumi Sai Wawai.

Sekretaris MUI Metro, Nasriyanto Effendi memastikan ketenangan dan kenyamanan warga Metro khususnya agar umat islam mendapatkan makanan halal di bulan ramadan, dalam waktu dekat tim Kesmavet akan kembali memeriksa kandungan makanan olahan daging dan lainnya. Tidak tebang pilih, seluruh rumah makan akan diambil sampel dan diperiksa oleh tim Kesmavet.

“Tim akan turun melakukan pembinaan tempat usaha yang sudah terbukti mengandung bahan yang tidak halal. Selain itu akan mengambil sampel makanan yang dicurigai. Tidak tebang pilih, seluruh tempat usaha rumah makan akan diperiksa, tetapi pemeriksaan dilakukan secara kontinue,” tegasnya.

Ia menambahkan, kepada masyarakat yang ingin mengetahui kandungan pada makanan juga bisa mengirimkan sampel kepada tim Kesmavet. Atau bisa melaporkan rumah makan mana yang dicurigai mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan.

“Warga yang ingin tahu kandungan apa saja di makanan yang dijual pedagang bisa membawa sampel ke tim Kesmavet. Akan diperiksa dan ditindaklanjuti kalau terbukti mengandung bahan berbahaya,” bebernya.

Ditempat terpisah, Kabid Peternakan DP2K Metro, drh.Neneng menegaskan bahwa pembinaan yang dilakukan tim Kesmavet diselesaikan hingga tuntas. Seperti temuan pada mie Awang dan mi Agong, keduanya sudah ditegur melalui surat teguran oleh Sekretaris Kota (sekkot) Metro, dan keduanya sepakat untuk hanya menjual mi ayam non babi.

“Mereka sudah mengirim sampel ke kita dan hasilnya negatif celeng. Tapi kita akan tetap melakukan pengawasan sewaktu-waktu untuk memgambil sampel tanpa pemberitahuan. Pembuktian apakah benar tidak lagi menjual mie yang mengandung babi,” tutupnya.
(red)

IKLAN

iklan kpu way kanan

IKLAN

metro

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

mesuji

IKLAN

 kapolres tanggamus-001.jpg

IKLAN

kapolsek gading rejo

IKLAN

kapolsek pugung

IKLAN

dprd lamteng