News Way Kanan

SMA di Way Kanan Tak Terimbas Carut Marut PPDB

Kepala SMAN 1 Banjit Winingsih, S.Pd., M.Si., saat menjadi pembina upacara. (Dian Pirasta)

WAY KANAN – Carut marut penerapan sistem zonasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terjadi  disejumlah daerah rupanya tidak berdampak di Way Kanan.

Seperti di SMAN 1 Banjit, Winingsih, S.Pd., M.Si., selaku kepala sekolah saat dikonfirmasi mengatakan, penerapan sistem zonasi oleh pemerintah tidak berdampak pada sekolah yang berada kabupaten, kecuali sekolah yang padat peminat peserta didiknya.

“Khususnya di SMAN 1 Banjit nggak berdampak mas, karena kita kan kekurangan murid, jadi gak ada masalah. Kecuali sekolah yang padat peminat peserta didik, yang berdampak dengan kebijakan itu kalau ruang kelasnya nggak cukup sedangkan peminatnya banyak,” katanya, Selasa (25/6/2019).

Kepala sekolah yang aktif di media sosial ini mengaku, tidak khawatir kekurangan siswa. Karena SMAN 1 Banjit berada di zona 1 yang meliputi 3 kecamatan terdekat. Yakni Kecamatan Banjit, Kecamatan Baradatu dan Kecamatan Kasui.

“Kalau untuk SMAN 1 Banjit saya nggak khawatir kekurangan murid, karena dalam 1 zona di bagi 3 kecamatan. Akan tetapi kami harus mengutamakan anak didik yang berdomisili di Banjit, seandainya sekolah yang ada di Baradatu atau Kasui melebihi kuota maka sekolah kami siap menerima. Itupun tidak lebih dari 5% karena pembagiannya yakni 80% domisili sekitar sekolah, 15% untuk siswa berprestasi dan 5% untuk jalur mutasi,” tutupnya.

Diketahui, pemerintah mulai menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 menggunakan jalur zonasi. Sebagaimana termaktub dalam Permendikbud No.51/2018 tentang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020.

Yang pada dasarnya, penerapan sistem zonasi mengharuskan calon peserta didik untuk menempuh pendidikan di sekolah yang memiliki radius terdekat dari domisilinya masing-masing.

Kebijakan tersebut juga diterapkan di Kabupaten Way Kanan. Namun tidak seperti kejadian di daerah lain yang menolak sistem zonasi, sekolah di Way Kanan rupanya tidak terdampak carut marut PPDB. Dikarenakan rata-rata baik sekolah maupun ruang kelas yang ada dinilai cukup, bahkan saat ini sekolah mengalami kekurangan peserta didik.(Dian)

 

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN