Wisata

Dam Raman, Potensi Wisata Alam yang Terabaikan

www.tabikpun.com, METRO Lampung– Waduk Dam Raman atau dikenal dengan Wisata Alam Dam Raman terletak di wilayah Kelurahan Purwoasri, Metro Utara, Kota Metro. Potensi wisata air di waduk ini terbentang luas menciptakan panorama alam yang indah. Oleh penduduk, lokasi ini selama ini dijadikan tujuan untuk bersantai dan melepas penat.

Dengan area lahan seluas 26 hektar yang terdiri dari 24 hektar lahan eks Bengkok dan 2 hektar hutan sengon ini, Dam Raman menawarkan suasana alam yang cukup menarik.

Sayangnya danau dam yang masih alami itu sebagian besar permukaannya nyaris tertutup tanaman eceng gondok. Daerah wisata ini belum dikelola dengan baik atau masih terabaikan. Padahal Waduk Dam Raman bisa menjadi sumber potensi air terbesar Kota Metro yang berjarak 8 km dari dam ini.

Selama ini masyarakat yang bertandang ke dam Raman biasanya hanya nongkrong, memancing atau berfoto. Tidak ada aktifitas lain yang menarik. Hal ini disebabkan karena tidak adanya fasilitas lain seperti arena bermain anak, taman, panggung hiburan, stand penjual souvenir atau makanan.

Di sekitar area Dam Raman terdapat jembatan gantung yang lumayan menarik untuk lokasi foto. Jembatan ini terletak di atas Kanal Way Bunut. Sedangkan Way Raman yang ada di pinggiran dijadikan tempat favorit nongkrong sambil melihat bendungan dari atas.

Pada bulan ramadhan, Dam Raman menjadi ramai pada siang dan sore hari. Pada siang hari, biasanya sekelompok warga usia tua duduk sambil menanti umpan pancingnya dimakan ikan. Sedangkan pada sore hari, anak-anak remaja memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat ngabuburit menunggu waktu berbuka.

“Di sini terasa asyik karena pemandangannya indah, disamping itu ikannya banyak. Kalau ada perahu, akan menambah asyik berkeliling di Danau Dam Raman,” ujar Puji warga Lampung Timur.

Sayangnya lokasi ini belum dimanfaatkan dan dikelola secara baik oleh Pemkot Metro. Jika lokasi ini bisa dikelola dan dikembangkan secara baik, maka masyarakat Kota Metro atau para pendatang akan senang berkunjung.

Sebaiknya Pemkot Metro mengundang investor untuk berinvestasi mengembangkan potensi besar wisata air waduk atau dam Raman. Dengan demikian, potensi wisata ini bisa mengundang turis daerah lain atau bahkan manca negara untuk berkunjung. Pemkot pun bisa menjadikannya sebagai sumber PAD dan peluang baru bagi warga untuk melakukan kegiatan ekonomi.

lampungsae.com

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: