Lampung Tengah News

Selain Miliki Segudang Prestasi, Kini SMAN 1 Koga Lamteng akan Terapkan SRA

Kepala SMAN 1 Koga R. Surya Damayanti, M.Pd. (Mozes)

LAMPUNG TENGAH – Meski bukan berada di ibu kota Provinsi Lampung, namun SMAN 1 Kota Gajah (Koga) Lampung Tengah (Lamteng) patut diperhitungkan tajinya dalam torehan prestasi. Terbukti, selain mampu meraih  berprestasi ditingkat provinsi, SMAN 1 Koga pun mampu bersaing hingga kanca nasional.

Pencapaian itu salah satu bukti keseriusan para tenaga pendidik yang ada disana. Komitmen membangun wadah pendidikan yang terbaik pun terlihat dari sosok R. Surya Damayanti, M.Pd., beliau kini adalah Kepala SMAN 1 Koga Lamteng.

Sosok ini tidak diragukan lagi kelayakannya untuk memimpin SMAN 1 Koga. Melihat sejarahnya, wanita ini memulai karir sebagai Guru Fisika di SMAN 1 Koga mulai tahun 2003. Berjalannya waktu, berbagai jabatan pernah dilakoninya, mulai dari wali kelas, pembina ekstrakurikuler, pembina OSIS dan terakhir sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan sebelum dilantik menjadi Kepala SMAN 1 Koga pada 27 April 2020 lalu.

Proses untuk menjadi kepala sekolah pun tidaklah mudah, ada beberapa seleksi yang harus diikuti. Pertama seleksi berkas, jika lulus maka lanjut untuk mengikuti tes uji kompetensi dan tes wawancara. Pengangkatan kepala sekolah menggunakan sistem uji kopetensi ini kali pertama diterapkan di Provinsi Lampung.

Alhasil, dibina tangan dingin para pendidik yang mumpuni, SMAN 1 Koga masih mampu meraih prestasi di tengah kengerian pandemi melalui lomba-lomba yang dilakukan secara daring. Seperti Juara 2 Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Nasional, Juara 3 KSN Biologi tingkat Provinsi, Juara 1 Debat Bahasa Indonesia se-Sumbagsel di SMA Al Kaustar Lampung, dan juara II Debat Neo English Week of SMANDA se-Sumbagsel di Bengkulu secara daring. Dan pada 24 April lalu juara 3 LCT Ekonomi se-Provinsi Lampung yang di adakan oleh Unila.

Selain dibidang akademik, bidang non akademik pun meraih prestasi, yaitu Juara umum se-Sumbagsel kegiatan Pramuka yang diadakan oleh SMKN 2 Terbanggi Besar dan meraih juara 1 lomba fotografi dan juara 3 maskot Anasti lomba pramuka tingkat provinsi yang diadakan oleh Universitas Bandar Lampung secara daring.

“Kami pun memberikan reward kepada siswa kami yang berprestasi sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang telah mengukir prestasi, agar siswa lebih termotivasi lagi untuk terus berprestasi,” kata Kepala SMAN 1 Koga Lamteng  R. Surya Damayanti, M.Pd. Jumat (30/4/2021).

Untuk pengembangan program kedepannya, Alumni 1993 SMAN 1 Koga ini mengaku ingin mengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) yang secara resmi telah dilakukan sosialisasi dan deklarasi pada 10 April 2021 sekaligus pengucapan ikrar SRA dan penandatanganan deklarasi antara kepala sekolah dan Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Propinsi Lampung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan deklarasi juga ditandatangani oleh lembaga lainnya antara lain Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lamteng, kepolisian, puskesmas, komite, perwakilan orang tua siswa, guru dan staf TU, dan perwakilan siswa.

“Tujuan program ini nantinya akan menciptakan sekolah yang nyaman untuk belajar siswa, anti bullying, sekolah aman yang nantinya akan bekerjasama dengan kepolisian, dan sekolah sehat yang didukung oleh puskesmas setempat,” harapnya.

Ia menambahkan,  SMAN 1 Koga menjadi satu-satunya SMA di Kabupaten Lamteng yang melaksanakan program SRA. Pun diharapkan apa yang digagas SMAN 1 Koga terkait SRA mampu diterapkan oleh SMA lainnya di Lamteng. (Mozes)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: