Lampung Utara News

25 Persen AKDP di Lampura Tak Laik Jalan

Kepala Dinas Perhubungan Basirun Ali beserta rombongan cek kondisi Bus Antar Kota. (Adi Susanto)  

LAMPUNG UTARA – Dinas Perhubungan  Lampung Utara (Lampura) melakukan pemeriksaan pada sejumlah kendaraan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) Selasa 14 Mei 2019. Pemeriksaan dilakukan di sejumlah terminal dan titik pull, diantaranya pull Puspa Jaya.

Pada pemeriksaan angkutan umum menjelang pelaksanaan angkutan lebaran 2019 itu petugas mendapati beberapa kendaraan yang dianggap tidak laik jalan atau sekitar 25 persen. Hal itu disebabkan kondisi kendaraan yang tidak laik dan surat kendaraan yang tidak dilengkapi.

Alhasil, kendaraan yang tidak laik tidak diberikan stiker bertuliskan angkutan umum Idul Fitri 2019. Sedangkan angkutan umum yang dianggap laik di berikan tanda stiker bertuliskan angkutan umum Idul Fitri 2019.

Berdasarkan pantauan, petugas Dinas Perhubungan melakukan pemeriksaan pada komponen lampu, fungsi pengereman, kondisi ban dan tekanan angin ban, hand rem, kaca bus, lampu hazard, wiper, spion, pelat nomor dan lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Basirun Ali mengatakan, kegiatan pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kendaraan umum yang nantinya difungsikan sebagai angkutan lebaran menjelang mudik dan balik idul fitri 1440 hijriyah dalam kondisi baik.

”Kegiatan pemeriksaan tersebut akan rutin dilakukan oleh timnya selama masa angkutan mudik dan balik lebaran tahun 2019 berlangsung,” ujarnya.

Salah seorang pengemudi bus Puspa Jaya Endar Purwanto mengakui, jika surat KIR kendaraannya tertinggal dan terpaksa dirinya akan melengkapi esok hari untuk mendapatkan stiker bus laik jalan. Menurutnya stiker tersebut sangat penting pada arus mudik dan balik lebaran mendatang. (Adi)

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

PASANG IKLAN ANDA DISINI