News Tulang Bawang Barat

Ini Syarat Menjadi BPT di Tubaba

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Pemkab Tubaba Somad. (Andika)

TULANG BAWANG BARAT – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tengah melakukan persiapan pemilihan Badan Permusyawaratan Tiyuh (BPT) masa bakti 2019-2025.

Pemkab Tubaba melalui Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Somad mengatakan, ada 91 Tiyuh/Desa di Kabupaten Tubaba segera menggelar pemilihan BPT. Dengan jumlah
anggota minimal 2 dan maksimal 9, orang per tiyuhnya.

“Untuk syarat setiap calon BPT harus sesuai domisili tempat masing-masing tiyuh, dan tidak bisa di luar domisi. Bagi setiap calon BPT yang sudah dinyatakan lulus dari seleksi penitia tingkat tiyuh, masih akan kita cek dan verifikasi ulang, takutnya ada dugaan kecurangan dari domisili calon. Usia paling rendah 20 tahun atau paling tidak sudah menikah. Ijazah minimal Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan bukan sebagai prangakat tiyuh,” jelasnya saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (24/6/2019).

Ia menambahka, sesuai aturan UUD setiap calon BPT harus berpendidikan minimal SMP. Tidak ada yang diujikan, hanya saja syarat administrasi, diantaranya berketuhanan yang maha esa, memegang teguh UU dan mengamalkan Pancasila dan NKRI harga mati

“Sekali lagi saya berharap, para calon BPT harus tahu tugas dan tupoksi mereka di tiyuh. Yaitu membahas dan menyepakati rancangan peraturan tiyuh bersama kepala tiyuh menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat tiyuh, melakukan pengawasan terhadap kenerja kapala tiyuh,” tegasnya.

Ada juga beberapa tiyuh yang tidak melakukan pemilihan BPT, karena masa jabatan mereka habis di tahun depan. “Seperti di Kecamatan Lambu Kibang, di tiyuh Gilang tunggal makarta, dan tiyuh lesung bakti jaya,” pungkasnya. (Andika)

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN