Lampung Barat News

Kompak, 11 Pekon di Kecamatan Seminung Absen Vidcon Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

Petugas Kecamatan Lumbok Seminung saat melakukan Vidcon Sosialisasi Sensus Penduduk bersama BPS dan Bupati Parosil Mabsus. (Angga)

LAMPUNG BARAT – Sebanyak 11 Kepala Pekon di Kecamatan Lumbok Seminung, Lampung Barat (Lambar) tak mengindahkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres RI) Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.

Pasalnya, tak satu pun Kepala Pekon atau perangkatnya yang menghadiri Video Converence (Vidcon) di Kantor Kecamatan setempat terkait Sosialisasi Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Lambar, Rabu (26/8/2020).

Padahal, tujuan utama sosialisasi tersebut agar masyarakat mendapat informasi yang utuh dan pemahaman yang jelas tentang Registrasi Sensus Penduduk serta hal terkait lainnya.

Terlebih dengan digunakannya metode kombinasi dalam Pelaksanaan SP 2020 yang menitik beratkan masyarakat pada penggunaan basis data registrasi penduduk serta teknologi serba online, dalam hal ini tentu warga perlu mendapat pemahaman yang jelas khususnya dari perangkat desa masing-masing.

Mirisnya, meski kegiatan dinilai sangat penting, seluruh kepala desa atau perangkatnya di 11 Pekon se-Kecamatan Lumbok Seminung tak ada yang menghadiri dan mengikuti Vidcon Sensus penduduk. Padahal undangan kegiatan dari pemerintah kabupaten sudah diberikan melalui kecamatan, dan iecamatan sudah meneruskan ke masing-masing pekon.

Sekcam Kecamatan Lumbok Seminung, Henderi Wijaya menjelaskan, Vidcon Sensus Penduduk yang digelar merupakan kegiatan yang sangat penting khususnya bagi pemahaman kepada masyarakat. Ia mengaku jika sudah mengundang seluruh kepala pekon setempat, namun tidak satu pun kepala pekon atau perangkatnya hadir pada sosialisasi.

“Hari ini seluruh kepala desa di Kecamatan Lumbok Seminung tidak ada yang hadir dalam kegiatan sosialisasi sensus penduduk tahun 2020 tanpa alasan yang jelas. Padahal sudah kami undang semuanya, yang hadir hanya perangkat kecamatan saja,” ungkapnya.

Ia berharap, kedepannya seluruh Kepala Pekon yang ada dapat lebih tertib dan responsif menghadiri kegiatan-kegiatan yang penting, khususnya bagi pengetahuan masyarakat.

“Saya berharap kedepannya jika ada kegiatan yang penting seperti kegiatan ini, seluruh kepala desa dapat hadir. Apalagi kegiatan kali ini diikuti langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat,” pungkas Henderi.

Diketahui, tujuan Sosialisasi SP 2020 yang makin gencar dilakukan BPS bekerja sama dengan berbagai dinas, instansi dan stake holder terkait untuk mengajak masyarakat lebih respon atau tanggap terhadap data pribadi, data kependudukan dan data perumahan menuju terciptanya satu data kependudukan Indonesia, sesuai dengan Peraturan Presiden No 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. (Angga)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: