Metro News

Melalui Program KOTAKU, Pemerintah Entaskan Wilayah Kumuh di Kota Metro

Seluruh panitia penyelenggara foto berasama usai menggelar Lokakarya di Ballroom Grand Sekuntum. (Ist)

METRO – Melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menargetkan di Bumi Sai Wawai terbebas dari kumuh. Hal tersebut disampaikan pada Lokakarya Program KOTAKU yang digelar di Ballroom Grand Sekuntum, Kamis (7/11/2019) pagi.

Diketahui, lokasi kumuh di Kota Metro sesuai SK Walikota Kota Metro nomor: 467/KPTS/LTD-2/2014 yakni di Kelurahan Imopuro, Hadimulyo Barat, Hadimulyo Timur dan Iringmulyo seluas 84,94 Ha, kini tinggal menyisakan luas kumuh seluas 9 Ha di Kelurahan Hadimulyo Barat. Pada akhir tahun ini, Kota Metro terbebas dari kumuh atau memenuhi target RPJMN 2015-2019 yakni 0 Ha Kumuh.

Pengurangan luasan kumuh di empat kelurahan tersebut tidak lepas dari intervensi dari APBD dan Bantuan Dana Investasi atau Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BDI/BPM) dari 2017-2019. Dimana intervensi tersebut adalah kegiatan penanganan (Infrastruktur) yang langsung berdampak terhadap pengurangan luasan kumuh itu sendiri (7 indikator kumuh).

Intervensi APBN lewat BDI/BPM untuk penangan kumuh di Kota Metro dari 2017-2019  sebesar  Rp 6 miliar. Namun harus disadari bersama adalah tantangan kedepan terkait pencegahan tumbuh kembangnya kumuh baru bukan hanya di 4 kelurahan yang sudah ditangani akan tetapi juga di 18 kelurahan lain (dari segi pemeliharaan).

Lokakarya yang dibuka oleh Walikota Metro,yang Ahmad Pairin itu diwakili oleh Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Yeri Ekhwan, dihadiri Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung yang di wakili oleh Kasi Perencanaan Bapak Ari Sukro Yulianto, S.T., M.H., dan Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Kawasan Permukimanp pada Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Lampung, Fajar Imanuel Simanjorang, S.T. sekaligus menjadi Narasumber.

Narasumber lainnya adalah, Kepala Bappeda Kota Metro/Ketua Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman Ardah, Lurah Hadimulyo Barat dan Talman, selaku Lembaga Kswadayaan Masyarakat (LKM) Hadimulyo Barat. Kegiatan lokakarya ini diikuti 30 peserta berasal dari Organisasi Perangkat Daerah, Koordinator LKM, pihak swasta dan wartawan/pers. (red)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: