News Pringsewu Tanggamus

Polres Tanggamus Tutup Ops Zebra Krakatau Dengan 2.358 Penindakan

Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Yuniarta, SH. (Nanang)

TANGGAMUS – Sebanyak 2.358 penindakan dilakukan Satlantas Polres Tanggamus terhadap pengendara pada Operasi Zebra Krakatau 2019 di wilayah Tanggamus dan Pringsewu.

Operasi yang digelar sejak 23 Oktober 2019 itu juga, Polres Tanggamus juga mencatat telah terjadi 3 kecelakaan lalulintas yang dilaporkan masyarakat. Dari 3 lakalantas tersebut, 1 korban meninggal dunia, 1 luka berat dan 5 luka ringan, dengan kerugian Rp. 11.500.000.

Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Yuniarta, SH., menjelaskan, berdasarkan analisa dan evaluasi (Anev) hasil penindakan Sat Lantas Polres Tanggamus, pelanggar surat-surat kendaraan mendominasi pelanggaran masyakarakat. Sebab dari 2.358 penindakan itu, 1.852 dicatatkan pelanggar surat pengguna sepeda motor, disusul 171 helm SNI dan 91 kelengkapan. Hal sama juga pada pengemudi mobil, 194 pelanggar surat disusul 30 pengemudi tidak memakai sabuk pengaman dan 20 kelengkapan.

“Pelanggaran yang ditindak pada Operasi Zebra Krakatau 2019, didominasi oleh pelanggar tidak membawa surat-surat,” kata AKP Yuniarta dalam keterangannya mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK., MM., Jumat (8/11/2019).

Untuk profesi pelanggar didominasi oleh wiraswasta dengan angka tertinggi 1.631, disusul pelajar pelajar dan mahasiswa 482 dan 244 pengemudi. “Untuk PNS tercatat ada 1 pelanggar,” ujarnya.

Lalu, untuk umur pelanggar, usia dibawah 15 tahun tercatat 151 pelanggar, 16 – 20 tahun 353 pelanggar, 21 – 40 tahun, 1.211, usia 41 – 60 tahun, 641 pelanggar. “Usia diatas 60 tahun, tercatat ada 2 pelanggar,” terangnya.

Kasat menegaskan, atas berakhirnya Operasi Zebra Krakatau 2019, agar masyarakat terus meningkatkan displin berlalu lintas dan Sat Lantas Polres Tanggamus akan terus melakukan penindakan kepada pelanggar.

Menurutnya, penindakan tersebut akan dilakukan melalui razia oleh Sat Lantas Polres Tanggamus maupun gabungan baik di Kabupaten Tanggamus maupun Pringsewu.

“Walaupun operasi zebra telah berakhir, namun razia rutin akan terus dilaksanakan, guna terus terciptanya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas),” tegasnya.

Kesempatan itu, Kasat menghimbau masyarakat agar tertib berlalu lintas mulai dari diri sendiri. Surat dan perlengkapan kendaraan dilengkapi serta anak dibawah umur tidak membawa kendaraaan.

“Untuk diingat, kecelakaan berawal dari pelanggaran, mari bersama-sama taat dan tertib berlalu lintas,” tandasnya. (Nanang)

 

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: