Advertorial Metro

Produksi Sampah Plastik Tinggi, Wali Kota Metro Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Kemasan Sekali Pakai

Wali Kota Metro Achmad Pairin saat dikonfirmasi perihal pengurangan penggunaan sampah plastik. (Ist)

METRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan mengambil langkah gerakan mengurangi sampah plastik di wilayah setempat. Pasalnya, saat ini produksi sampah plastik di Bumi Sai Wawai sudah sangat tinggi.

Wali Kota Metro Achmad Pairin menerangkan, hal itu terlihat dari TPAS Karangrejo, dimana 90 persen isinya merupakan sampah plastik.

“Hasil tinjauan di TPAS Karangrejo kemarin, sudah seperti gunung tumpukan sampah plastiknya. Karena itu kita harus mengambil langkah untuk mengurangi produksi sampah plastik,” bebernya, Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, sampah plastik sangat merusak dan mencemari lingkungan. Dimana baru bisa terurai setelah 50 tahun.

“Nah, bayangkan saja jika kita terus menerus memproduksi sampah plastik. Kita buang sekarang, 50 tahun lagi baru bisa terurai,” paparnya.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat Kota Metro untuk mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Secara khusus pada ASN, untuk menggunakan tidak berbahan plastik. Pemkot Metro juga tengah mencari solusi untuk mengolah gunungan sampah di TPAS Karangrejo yang terus bertambah banyak.

“Lahan TPAS itu 14 hektare. Tujuh hektare sudah terpakai. Tinggal sisanya,” katanya lagi.

Ia menambahkan, Pemkot tengah mengkaji jika tujuh hektare yang masih belum terpakai bisa digali untuk menimbun sampah yang saat ini sudah menggunung. Dan lahan timbunan akan digunakan untuk penghijauan.

“Itu yang lagi kita pelajari. Ditimbun sekitar 50 cm, lalu ditanami pohon untuk penghijauan. Nah, bekas galian tanah itu nanti digunakan untuk TPAS, itu bisa digunakan sekitar 30 tahun,” tuntasnya. (Adv)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: