Lampung Utara News

Ratusan Pasangan Nikah Siri di Lampura Ikuti Sidang Isbat     

PJ Sekdakab Sofyan dan Kadisdukcapil Maspardan meninjau peresmian pernikahan peserta Sidang Isbat. (Adi Susanto)

LAMPUNG UTARA – Ratusan peserta yang belum memiliki dokumen resmi nikah mengikuti Sidang Isbat nikah siri yang digelar Dinas Kependudukan dan Catetan Sipil (Disdukcapil) di Kantor Desa Karang Rejo II, Kecamatan Muara Sungkai, Rabu 17 Juni 2019.

Sidang Isbat dibuka Pj Sekdakab Lampura, Sofyan ini bekerjasama dengan Depertemen Agama dan Pengadilan Agama untuk melegalkan ratusan pasangan nikah siri yang belum terdata secara administarsi di mata hukum.

Dalam laporannya, Kadisdukcapil Maspardan mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan dua kali tahun ini, di Muara Sungkai dan Sungkai Tengah. Disdukcapil juga membuka pelayanan perekaman e-KTP dan akte di acara Sidang Isbat ini.

“Sudah dari tahun 2015 sidang isbat diadakan oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara,” ujarnya.

Sementara Pj Sekdakab Lampura Utara Sofyan tujuan digelarnya Sidang Isbat untuk mempermudah administrasi pelayanan masyarakat dan meningkatkan status pernikahan masyarakat di Lampura. “Kita berharap, masyarakat dapat terbantu dengan digelarnya Sidang Isbat ini,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi, sumringah terpancar dari wajah para peserta sidang isbat. Seperti terlihat dari pasangan Tri Martono dan Sarmi yang menikah pada 1989 silam, karena meski sudah memiliki tiga orang anak, pernikahan keduanya belum sah dimata hukum.

Tetapi dengan mengikuti Sidang Isbat, saat ini pernikahan keduanya telah terdaftar oleh negera. Mereka berharap kegiatan serupa dapat terus digalakkan Pemkab Lampura.

“Persyaratanya mudah. Cukup bawa saksi saat menikah pada saat itu, identitas kami, dan waktu menikah,” ungkap Tri Martono. (Adi)

 

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: