Metro News

Bencana Banjir tidak masuk Program Kerja 100 hari Wali dan Wakil Walikota Metro

Genangan air setinggi lutut orang dewasa memasuki rumah warga di Jl tanjung Metro pusat.

METRO– Warga Jalan Lukman Tanjung RT 27, RW 06, Kelurahan Hadimulyo Barat Kecamatan Metro Pusat Kota Metro, Lampung, kerap menjadi langganan banjir saat musim penghujan.

Seperti hujan yang turun sejak sore hingga malam hari Rabu (3/3/2021). Wilayah lingkungan padat penduduk itu sudah terendam akibat luapan air dari saluran yang lokasinya tak jauh dari pemukiman warga.

“Kami warga di sini sudah bertahun-tahun menjadi langganan banjir. Kami sudah menjerit dan meminta solusi kepada pemerintah kota. Tapi masih jadi korban langganan banjir,” keluh Roni, warga setempat.

Menurut dia, janji-janji mencarikan solusi sudah banyak ditampung warga setempat, mulai janji disaat pencalonan legislatif hingga pencalonan walikota.

“Sudah banyak pejabat yang datang meninjau kemari. Tapi hanya meninjau dan tidak memberikan solusi. Kesannya hanya mencari simpati saja tapi tidak ada tindaklanjutnya,” sesalnya dalam rilis yang disampaikan ke tabikpun.com.

Bahkan, lanjut dia, pada tahun 2017 pernah dijanjikan akan di anggarkan pengerjaan pengerukan drainase itu. Namun hingga kini tidak terealisasi.

Serupa halnya genangan air di jalan Jenderal Sudirman, Metro Pusat.

“Dulu pernah dijanjikan, katanya mau ada pengerukan dan peremajaan. Tapi yang dikerjakan hanya memungut sampah dengan alat seadanya. Ya masih tetap banjir,” ujarnya.

Dia berharap, Pemkot Metro serius dalam mencari solusi dan mengantisipasi terjadinya banjir di lingkungan warga.

“Kami was-was, apalagi kalau hujannya malam hari. Pasti kami kebanjiran dan tidak nyenyak tidur,” ucapnya.

Dia menambahkan, pada saat banjir. Air masuk ke dalam rumah warga hingga ketinggian mencapai 70 cm.

Begitu juga lokasi banjir di Jalan Raya Stadion, Pasar Tejoagung Metro Timur.
Pantauan di lapangan, banjir juga terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, Metro Pusat dan Jalan Raya Stadion tepatnya dipasar Tejoagung, Metro Timur.

Bencana banjir yang mengepung Kota Metro ini tidak masuk dalam Program 100 hari kerja pasangan Walikota dan Wakil Walikota Metro terpilih. Dilansir dari kanalvisual.com, Walikota Metro dan Wakil Walikota Metro memiliki lima program prioritas untuk 100 hari pertama. Salah satunya soal Penanganan Dampak Covid-19 di Kota Metro, Rabu (03/03/2021).

Pada pembukaan rapat, Walikota Metro, Wahdi, menyampaikan ada lima prioritas program di 100 hari pertama kerja diantaranya, Bantuan Sosial Lansia, Santunan Rumah Yatim Piatu, Insentif Rumah Ibadah, Pencatatan Nikah Gratis, dan Santunan Kematian.

“Program-program ini tidak bisa berdiri sendiri namun program tersebut juga dapat memperkuat dan bersinergi dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh perangkat daerah” ujarnya.

Lanjutnya bantuan Lansia akan diberikan kepada warga Kota Metro yang dalam kategori tidak mampu sesuai data yang sudah tercantum di Dinas Sosial.

“Program Lansia akan di utamakan untuk kelompok Lansia di atas 70 tahun dengan mempertimbangkan syarat dan ketentuan lainnya juga”, tuturnya.

Penanganan COVID-19 juga menjadi prioritas dalam program seratus hari kerja Walikota Metro tersebut.

“Penanganan COVID-19 tidak luput dari Program 100 kerja saat ini, namun kita juga harus mendukung penanggulangan kemiskinan dan meringankan masyarakat akibat dampak Covid-19,” ungkap Wahdi.

Sementara itu, Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman, juga menyampaikan bahwa dalam lima program prioritas yang akan di jalankan terdapat program Pencatatan Nikah Gratis.

“Pencatatan nikah gratis diperuntukkan bagi pasangan yang akan menikah di Kantor Urusan Agama (KUA), dan akan difasilitasi oleh Pemerintah Kota Metro sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku”, terangnya.

Diakhir rapat Wahdi menyampaikan program yang terakhir yaitu Santunan Kematian Akibat Covid-19,

“Santunan Kematian akan diberikan bagi masyarakat yang positif COVID-19 dan/atau mereka yang terdampak sosial/ekonomi akibat COVID-19, hal ini juga harus dibuktikan dengan surat keterangan atau bukti pendukung yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang,” kata Walikota Metro.

( Sumber: (Rls/kanalvisual.com/Ezza)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: