Lampung Utara News

BPN Bagikan Ratusan Sertifikat Tanah Warga Desa Negeri Ujung Karang Peserta Program PTSL

Kepala Desa Negeri Ujung Karang serahkan  sertifikat Tanah PTSL ke pada masyarakat. (Yono)

LAMPUNG UTARA – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lampung Utara (Lampura) membagikan 802 Buku Sertifikat Tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Desa Negeri Ujung Karang, Kecamatan Muara Sungkai, di Aula Kantor Desa setempat, Selasa (3/12/2019).

Kepala BPN Lampura diwakili Kepala Seksi Penataan Pertanahan (P2) Eko Budi Kuncoro mengatakan, seluruh program PTSL di Lampura telah selesai. Di 2019, lanjut dia, BPN melalui PTSL telah menerbitkan 28.800 buku sertifikat tanah yang tersebar di 23 kecamatan.

“Semestinya target tahun ini 25.000 buku sertifikat, tetapi ada penambahan kuota menjadi 28.800 buku. Alhamdulillah semua berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Untuk tahun 2020 mendatang kita masih menargetkan penerbitan 25.000 sertifikat melalui program ini, ” ujar Eko usai menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada warga.

Ia menambahkan, waktu yang dibutuhkan dalam program PTSL relatif singkat dengan tahapan sosialisasi, pengukuran, pengumpulan data yuridis. Sedangkan proses penerbitan buku sertifikatnya memerlukan waktu kurang lebih 14 hari. PTSL sendiri, lanjut dia, dikhususkan bagi tanah mentah bukan untuk pemecahan.

“PTSL bertujuan memberikan kepastian hukum atau legalisasi aset atau hak atas tanah yang dimiliki warga,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Rozi Ardiyansah setempat mengaku adanya Program PTSL sangat membantu dalam mempunyai ketetapan hukum kepemilikan tanah. “Semoga program PTSL ini ada lagi untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Negeri Ujung Karang Supiyanto mengapresiasi program pemerintah melalui BPN untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah milik warga. Untuk tahun 2019, desa nya mendapatkan kuota 802 buku sertifikat.

”Terima kasih juga kepada Pokmas yang telah bekerja di lapangan dalam program ini. Tahun depan kita upayakan hal serupa, mengingat masih banyaknya warga yang belum memiliki sertifikat tanah,” pungkasnya. (Adi/Yono).

 

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: