Metro News

Dewan Desak Sat Pol PP Metro Kawal Potensi Disektor Pajak

TABIKPUN, METRO – Panitia khusus (Pansus) DPRD Kota Metro meminta pemerintah menerjunkan Satpol PP kelapangan guna menghitung/ mengcrosscek setiap potensi pajak restoran yang ada di Bumi Sai Wawai.

“Kita harus meniru keberhasilan Bandar Lampung untuk PAD. Tempatkan Satpol PP selama 30 hari untuk menghitung atau mendata berapa konsumen dari tiap restoran,” terang Yulianto, anggota Pansus kepada awak media diruang kerja.

Dengan harapan, pajak yang diberikan betul-betul sesuai fakta di lapangan. Dan jika ada selisih setoran, tidak akan jauh. Karena data 30 hari sudah cukup untuk mengetahui seberapa ramai satu restoran atau rumah makan.

Politisi PKS ini mengingatkan, jika ada rumah makan atau restoran yang membandel tidak membayar pajak, maka diberikan surat peringatan 1, 2 dan 3. Kemudian berikan spanduk bahwa restaruran yang bersangkutan belum membayar pajak.

“Harus ada tindakan tegas. Seperti memasang spanduk. Dan harus besar-besar di depan dan pintu masuk. Supaya ada rasa malu dan hukuman sosial bagi restoran yang enggan membayar pajak,” imbuhnya.

Ia menilai, pajak restoran yang hanya 10 persen dari harga jual produk tidak terlalu memberatkan pelanggan. “Kalau semua rumah makan dan restoran mengenakan pajak, tidak ada konsumen yang akan komplain. Itu kan alasan mereka selama ini,” tandasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga meminta pendataan dan penghitungan ulang pajak parkir di waralaba, rumah sakit, dan lainnya. “Dihitung benar luasan areal parkir dan berapa jama operasional tempat usaha tersebut. Hasilnya 30 persen dari angka tersebut merupakan pajak parkir,” tuntasnya.

Sementara itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Metro mengaku Siap berkoordinasi dan
terjun untuk memantau dan memberi kontribusi PAD.

Kepala Satpol PP Kota Metro Arjuna Wiwaha mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti pansus pajak dan retribusi, terkait peningkatan PAD restoran maupun pendapatan parkir yang minim.

“Intinya kami siap berkoordinasi dengan pansus DPRD Kota Metro atau instansi terkait untuk terjun bersama-sama ke lapangan melalukan pengecekan atau mendata,” tukasnya. (red)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: