Bandar Lampung News

Kuasa Hukum Wakil Bupati Pringsewu Layangkan Hak Jawab

Gerakan Pemuda Lampung (GPL) aksi damai di Tugu Adipura Bandar Lampung, sebelum mendatangi Polda dan Kejati Lampung. (Ist) 
Wiliyus Prayietno, SH.,MH, Kuasa Hukum Wakil Bupati Pringsewu, DR. Fauzi,

BANDAR LAMPUNG- Advokat Konsultan Hukum selaku Kuasa Hukum Wakil Bupati Pringsewu, DR. Fauzi, Wiliyus Prayietno, SH.,MH., menyampaikan hak jawab terkait pemberitaan media  tanggal 18 November 2020, berjudul “Gelar Aksi Damai Di Polda dan Kejati Lampung, GPL Desak Usut Tuntas Dugaan Kasus Fee Proyek di Pringsewu”.

Dalam somasi sekaligus hak jawabnya menyatakan, bahwa terkait isi berita dalam Paragraf Kedua dan Alenia Pertama yang berbunyi:  ” Koordinator aksi M. Iqbal menerangkan, aksi tersebut digelar menyikapi peristiwa hukum yang dianggap cukup menyorot perhatian publik, yaitu dugaan penipuan fee proyek infrastruktur miliaran yang menyeret nama DR. Fauzi, selaku wakil Bupati Pringsewu berdasarkan laporan No: LP/B-795/VII/ 2019/LPG/ RES.TGMS tanggal 11 Juni 2019.

Atas penulisan isi berita tersebut yang tanpa konfimasi kepada pihak yang diberitakan. Menurut Wilyus, berita tersebut telah terjadi Framing dan menggiring opini kepada publik seolah kliennya terlibat dalam dugaan tindak pidana tersebut. Padahal dalam hal ini klien mereka bukan sebagai terlapor melainkan pihak lain yang secara hukum tidak ada hubungan sama sekali dalam perkara yang melibatkan sosok lain.

Atas isi berita yang dianggap telah menghakimi kliennya dan mengabaikan azas praduga tak bersalah. Ia menilai, Isi berita tersebut telah menghakimi kliennya dan mengabaikan azas praduga tak bersalah. Menggiring bingkai seolah olah kliennya seperti yang ditulis dalam pemberitaan media ini.

Berikut Somasi yang dilayangkan ke redaksi:

Yth, Pimred Media Online, Tabikpun.com.perkenan saya Wiliyus Prayietno,SH.MH, Advokat Konsultan Hukum selaku kuasa hukum DR. Fauzi Wakil Bupati Pringsewu.

Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan Somasi dan Hak Jawab terkait pemberitaan  media anda tanggal 18 November  2020. yang berjudul ”  Gelar Aksi Damai Di Polda dan Kejati Lampung, GPL Desak Usut Tuntas Dugaan Kasus Fee Proyek di Pringsewu”

Bahwa terkait isi berita Paragrap Kedua dan Alenia  Pertama yang berbunyi :

” Koordinator aksi  M. Iqbal menerangkan, aksi tersebud digelar menyikapi peristiwa hukum yang cukup menyorot perhatian publik, yaitu dugaan penipuan fee proyek infrastruktur miliaran

yang menyeret nama DR. Fauzi, selaku wakil Bupati Pringsewu berdasarkan laporan No: LP/B-795/VII/ 2019/LPG/ RES.TGMS tanggal 11 Juni 2019..dst.

Atas penulisan isi berita tersebut yang  tanpa konfimasi kepada pihak yang diberitakan.

Menurut kami telah terjadi Framing dan menggiring opini publik seolah klien kami terlibat dalam dugaan tindak pidana tersebut. Padahal dalam hal ini klien kami bukan sebagai terlapor melainkan pihak lain yang secara hukum tidak ada hubungan sama sekali dalam perkara yang melibatkan sosok lain.

Atas isi berita tersebut  telah menghakimi klien kami dan mengabaikan azas praduga tak bersalah.

Isi berita  tersebut telah menghakimi klien kami dan mengabaikan azas praduga tak bersalah. Menggiring bingkai seolah olah klien kami seperti yang ditulis dalam pemberitaan media anda.

Dapat   dikategorikan sebagai “TRIAL BY PRESS”  penghakiman media massa , mengabaikan Azas Praduga Tak Bersalah, sesuai pasal 3 ayat (8b) Kode Etik Jurnalistik.

Pelanggan pasal lainnya :

  • kode Etik Jurnalistik Pasal 3 Ayat 5.

  • Kode Etik Jurnalistik , pasal 3 ayat 8b.

  • Undang Undang RI No.40 Tahun 1999 tentang PERS pasal 6 butir C.

*   UU Transaksi Informasi Elektronik ( UU ITE)  pasal 27 Ayat 3 tentang Fitnah dan Pencemaran Nama Baik.

Demikian somasi sekaligus hak jawab kami ajukan agar anda memuat hak jawab kami dan mengubah isi berita pada Paragrap Kedua dan alenia pertama  yang Tendensius dan Framing.

Demikian somasi sekaligus Hak Jawab kami ajukan agar anda memuat Hak Jawab kami dalam tempo  3 X 24 jam.

Apabila pihak anda tidak tidak mempunyai itikad baik, maka kami akan proses hukum yg berlaku baik secara pidana maupun perdata .

Trims . Advokat Pengacara , Wiliyus Prayietno,SH.MH.

Tembusan:

  1. Kapolda Lampung
  2. Ketua Dewan Pers di Jakarta
  3. Ketua Dewan Kehormatan Daerah PWI Cabang Lampung.
  4. Klien.

Kami Tim redaksi meminta maaf jika ada terdapat penyajian isi berita Sebelumnya dinilai tidak berimbang serta menghakimi.

Gelar Aksi Damai di Polda dan Kejati Lampung, GPL Desak Usut Tuntas Dugaan Kasus Fee Proyek di Pringsewu

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

 IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: