Metro News

Pembatasan Distribusi LPG 3 Kg, Pertamina dan Disdag Metro Awasi Ketat Pangkalan

PT Pertamina Provinsi Lampung bersama Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro saat melakukan monitoring ke sejumlah pangkalan Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram (Kg) di Bumi Sai Wawai, Senin (1/7/2024). (Mahfi)

METRO – PT Pertamina Provinsi Lampung bersama Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro memonitor sejumlah pangkalan gas LPG 3 kg di Bumi Sai Wawai, Senin (1/7/2024). Langkah tersebut menyusul dibatasinya distribusi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram (Kg) ke pengecer maksimal 10 persen per 1 Juli 2024, oleh Dirjen Migas.

Sales Branch Manager Rayon II Lampung, Risal Arsyad, menyatakan, pengecekan ini memastikan pangkalan telah menerima informasi dan mematuhi aturan baru tersebut.

“Dari beberapa pangkalan yang kami kunjungi, semua sudah terinformasikan dan tinggal merealisasikan dalam sebulan ke depan. Kami akan mengawasi distribusi ke masyarakat, usaha mikro, dan pengecer,” ujar Risal kepada wartawan, Senin (1/7/2024).

Risal juga menegaskan bahwa monitoring ini sekaligus mengecek stok LPG di pangkalan. “Dengan aturan baru, stok di pangkalan seharusnya lebih banyak. Jika ada pelanggaran, akan ada sanksi skorsing hingga Pemutusan Hubungan Usaha (PHU),” tegasnya.

Sementara, Eni Purwati, Kabid Perdagangan Disdag Kota Metro, mengatakan, pihaknya mendampingi Pertamina Lampung dalam monitoring peraturan baru ini.

“Kami berharap seluruh pangkalan gas LPG di Kota Metro mematuhi aturan ini. Kami akan lebih intensif berkoordinasi dan turun ke lapangan jika ada informasi yang tidak sesuai, karena gas ini termasuk barang penting dan perlu pengawasan ketat,” jelas Eni.

Pihaknya juga akan membentuk tim terpadu untuk menangani aduan masyarakat terkait pelanggaran distribusi gas LPG. “Masyarakat bisa melaporkan pelanggaran kepada Disdag Kota Metro untuk ditindaklanjuti. Kedepan tim terpadu ini akan melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk memudahkan pelaksanaan tugas-tugas pengawasan,” tambahnya. (Mahfi)

About the author

Redaksi TabikPun

Add Comment

Click here to post a comment

Tinggalkan Balasan

IKLAN

IKLAN

%d blogger menyukai ini: