Kuliner

Seruit, Makanan Khas Lampung

Sayur Pindang Baung Ciri khas Makanan Lampung yang bisa Disajikan Menu untuk Nyeruit

LAMPUNG- Seruit  adalah makanan khas provinsi Lampung yaitu masakan ikan yang Bakar atau di sayur  (pindang) dicampur sambel terasi, tempoyak (olahan durian) serta dikombinasi dengan campuran timur yang dikerok, terong bakar yang diaduk/diadon menjadi satu. Jenis ikan untuk nyeruit biasanya jenis ikan kali/sungai seperti ikn Baung, Patin dan jenis ikan lainnya yang sedikit mengandung Tulang.

Seperti masyarakat di banyak daerah di Indonesia, masyarakat Lampung adalah masyarakat yang gemar berkumpul dan bersilaturahmi, baik antar keluarga maupun antar tetangga. Mereka berkumpul di acara pernikahan, acara adat, atau acara keagamaan.

Secara kultural, Lampung memiliki dua masyarakat adat, yakni Lampung Sai Batin dan Lampung Pepadun. Keduanya sama-sama memiliki kebiasaan berkumpul. Saat berkumpul, diperlukan makanan yang bisa dinikmati bersama-sama. Makanan tersebut adalah seruit. Namun, kebiasaan makan seruit tidak memliki oleh semua masyarakat adat. Hanya seruit secara turun termurun. Bagi Lampung Pepadun, seruit bisa dikatakan makanan pokok.

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk membuat seruit. Prosesnya, ikan yang sudah disediakan terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbunya berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe. Setelah itu, ikan pun dibakar selama sepuluh menit atau disayur pindang. Saat sudah setengah matang, ikan diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Sementara, sambal untuk campuran seruit adalah cabai merah, cabai kecil, garam, micin, rampai, dan terasi baker. Bahan sambal ini lalu ditumbuk hingga halus.

Untuk menikmatinya, seruit harus ditambahkan dengan tempoyak, yakni durian yang sudah diawetkan dan dihaluskan. Tak ketinggalan untuk menambahkan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi timur, terong baker, jengkol, dan daun jambu monyet. Bahan tambahan ini kemudian dicampurkan dan diaduk menjadi satu.

Setelah itu, seruit pun siap dinikmati dengan nasi hangat. Di Lampung, rumah makan yang bertuliskan Pindang, bisa dipastikan rumah makan tersebut menyajikan ramuan seruit. Bagi yang belum pernah mencoba bagaimana rasanya sensasi seruit, silahkan datang ke Lampung untuk mencicipinya. ( red/net)

 

IKLAN

iklan kpu way kanan

IKLAN

metro

DAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH

IKLAN

mesuji

IKLAN

 kapolres tanggamus-001.jpg

IKLAN

kapolsek gading rejo

IKLAN

kapolsek pugung

IKLAN

dprd lamteng